get app
inews
Aa Read Next : Senangnya Mama Muda Terima Bantuan Sayuran Segar dari Mutiara

Siap Hadapi Pendemo Pilkada Serentak, TNI Komitmen Tak Langgar HAM

Jum'at, 05 Juli 2024 | 15:53 WIB
header img
Siap Hadapi Pendemo Pilkada Serentak, TNI Komitmen Tak Langgar HAM (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Kodam IV Diponegoro memastikan bahwa seluruh prosedur pengendalian massa akan mematuhi hak asasi manusia (HAM), dalam menghadapi potensi kerusuhan selama Pilkada serentak 2024. Latihan kesiapsiagaan operasional digelar untuk menegaskan komitmen ini.

"Kami sudah melaksanakan tactical floor game untuk memastikan siapa berbuat apa dan kapan sehingga prosedur yang dijalankan bisa dipahami dengan jelas. Kami mengedepankan prinsip tidak melanggar HAM dalam menghadapi massa yang anarkis," ujar Kapendam IV Diponegoro, Letkol Inf Andy Soelistyo, kepada awak media, Jumat (5/7/2024).

Latihan ini melibatkan berbagai instansi seperti kepolisian, Satpol PP, tim medis rumah sakit, dan pemadam kebakaran. Pengendalian terintegrasi menjadi fokus utama dalam latihan ini yang sebelumnya telah digelar tactical floor game (TFG).

"Kodam IV selaku salah satu pihak yang membantu menjaga situasi kamtibmas di Jawa Tengah harus memastikan kesiapsiagaannya. Setiap pimpinan dari masing-masing instansi sudah terlibat dalam satu sistem komunikasi pengendalian yang solid, sehingga tidak ada kesalahan prosedur di lapangan," jelasnya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut