get app
inews
Aa Read Next : Senangnya Mama Muda Terima Bantuan Sayuran Segar dari Mutiara

TNI Pastikan Tak Pakai Peluru Tajam Saat Kendalikan Massa Rusuh Pilkada Serentak

Jum'at, 05 Juli 2024 | 15:55 WIB
header img
TNI Pastikan Tak Pakai Peluru Tajam Saat Kendalikan Massa Rusuh Pilkada Serentak (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Kodam IV Diponegoro menegaskan bahwa prajurit TNI tidak akan menggunakan peluru tajam dalam pengendalian massa selama Pilkada serentak 2024. TNI beserta aparat gabungan menggelar latihan kesiapsiagaan operasional untuk memastikan pengendalian massa berjalan sesuai aturan.

"Seluruh prajurit yang ada di garis depan tidak ada yang menggunakan munisi tajam, munisi apapun, atau munisi karet. Alat-alat yang digunakan adalah alat penanggulangan huru-hara yang bersifat persuasif," ujar Kapendam IV Diponegoro, Letkol Inf Andy Soelistyo, kepada awak media, Jumat (5/7/2024).

Kapendam menegaskan bahwa TNI AD terus berkomitmen untuk menjaga keamanan tanpa menggunakan kekerasan berlebihan. Latihan ini juga memastikan bahwa seluruh prajurit memahami perintah dan prosedur yang jelas.

“Prosedural perintah pengeluaran tembakan itu terpusat. Dalam suatu keadaan atau tugas pengamanan seluruh prajurit yang ada di garis depan ini tidak ada yang menggunakan munisi tajam,” tegasnya.

“Semuanya yang berada di depan ini merupakan alat-alat penanggulangan huru-hara  yang sifatnya masih bersifat tindakan persuasif. Jadi kalau tidak terkendali maka kita akan tetap majukan pasukan pengurai massa anarkis dari TNI dan Polda Jateng,” imbuh dia.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut