get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Gunung Merapi Masih dalam Status Level III Siaga, Aktivitas Guguran Lava Capai 1300 Meter

Kamis, 29 Agustus 2024 | 06:17 WIB
header img
Gunung Merapi Masih dalam Status Level III Siaga, Aktivitas Guguran Lava Capai 1300 Meter (Pos Kaliurang)

MAGELANG, iNewsJoglosemar.id - Gunung Merapi menunjukkan aktivitas vulkanik yang signifikan pada periode pengamatan Kamis, 29 Agustus 2024, mulai pukul 00:00 hingga 06:00 WIB. Dilansir dari laman resmi Magma Indonesia (magma.esdm.go.id), Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta masih berstatus Level III (Siaga).

Pengamatan visual mencatat bahwa puncak gunung tertutup kabut dengan intensitas 0-III, sehingga asap kawah tidak teramati. Meski begitu, cuaca di sekitar Gunung Merapi dilaporkan mendung dengan angin tenang yang berhembus ke arah timur. Aktivitas vulkanik lainnya yang terpantau adalah adanya lima kali guguran lava yang mengarah ke Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum mencapai 1300 meter.

Dalam pengamatan kegempaan, tercatat sebanyak 22 kali gempa guguran dengan amplitudo antara 3 hingga 38 mm dan durasi gempa bervariasi antara 27.88 hingga 165.72 detik. Kondisi ini menunjukkan bahwa suplai magma ke permukaan masih terus berlangsung dan berpotensi memicu terjadinya awan panas guguran.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut