get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Strategi dan Tips untuk Menghadapi Persimpangan Bundaran dengan Aman

Selasa, 27 Agustus 2024 | 19:13 WIB
header img
Strategi dan Tips untuk Menghadapi Persimpangan Bundaran dengan Aman (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Melintasi bundaran memerlukan pemahaman dan kepatuhan terhadap beberapa aturan lalu lintas untuk memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan. Bundaran dirancang untuk mengatur arus lalu lintas dengan lebih baik, namun banyak pengendara yang masih melakukan tindakan membahayakan saat melintasinya.

Penting untuk memberikan prioritas kepada kendaraan yang sudah berada di dalam bundaran. Ini mencegah tabrakan dan memastikan aliran lalu lintas yang lebih lancar. Sebelum memasuki bundaran, pengendara harus memberikan sinyal yang jelas mengenai arah tujuan mereka. Ini membantu pengendara lain memahami niat Anda dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Menjaga kecepatan kendaraan tetap rendah saat memasuki dan berada di dalam bundaran adalah langkah penting. Kecepatan rendah memberi waktu lebih banyak untuk bereaksi jika terjadi situasi darurat. Pengendara juga harus memilih lajur yang sesuai dengan tujuan mereka sebelum memasuki bundaran untuk memastikan bahwa mereka keluar dari bundaran dengan aman.

Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Jarak aman memberi waktu untuk bereaksi jika terjadi pengereman mendadak atau situasi darurat lainnya.

Oke Desiyanto, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, menambahkan, “Keselamatan berkendara tidak hanya melibatkan kemampuan berkendara yang baik tetapi juga pemahaman tentang fungsi dan tujuan perangkat pengendali lalu lintas. Mematuhi aturan dan menggunakan bundaran dengan benar adalah kunci untuk menghindari kecelakaan.”

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengendara dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan yang lebih aman saat melintasi bundaran.

Berikut yang sebaiknya dilakukan dalam berlalu lintas ketika bikers menghadapi bundaran adalah:

- Prioritas Kendaraan: Berikan prioritas kepada kendaraan yang sudah berada di dalam bundaran untuk mencegah tabrakan.

- Sinyal Arah Tujuan: Berikan sinyal yang jelas sebelum memasuki bundaran untuk membantu pengendara lain memahami niat Anda.

- Kecepatan Rendah: Jaga kecepatan kendaraan tetap rendah saat memasuki dan berada di dalam bundaran untuk memberikan waktu reaksi.

- Pilih Lajur yang Sesuai: Pilih lajur yang sesuai dengan tujuan sebelum memasuki bundaran untuk keluar dengan aman.

- Jaga Jarak Aman: Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan untuk menghindari kecelakaan akibat pengereman mendadak.

- Keselamatan Berkendara: Pahami fungsi dan tujuan perangkat pengendali lalu lintas serta patuhi aturan untuk meningkatkan keselamatan.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut