get app
inews
Aa Read Next : Ketuk Pintu Rumah Janda Bawa Sembako, Nurul Hayat Teladani Umar bin Khatab

Tikus Bikin Pusing di Rumah, Begini Cara Usirnya!

Rabu, 16 Maret 2022 | 19:15 WIB
header img

SEMARANG – Tikus yang berkeliaran di rumah membuat pusing. Bukan hanya menyebabkan bau dan merusak perabot, keberadaan binatang pengerat itu menyebabkan beragam penyakit.

Adapun, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh tikus, antara lain Leptospirosis, penyakit PES, Hantavirus dan yang paling parah, yaitu penyakit Rat Bite Fever (RBF).

Nah, cara mengusir tikus yang membandel di rumah perlu Anda coba. Berikut tips untuk mengusir tikus yang membandel: 

  • Pelihara Kucing

Cara mengusir tikus yang membandel pertama-tama dengan memelihara kucing. Layaknya dalam film Tom and Jerry, musuh utama Jerry si tikus, yakni Tom si Kucing. Selain sebagai hewan peliharaan, kucing juga dapat diandalkan untuk memburu tikus. Tapi untuk tikus-tikus yang ukurannya kecil kucing-kucing masih berani. Sementara untuk tikus ukuran besar, kebanyakan kucing sekarang tidak berani memangsanya.

  • Perangkap Tikus

Anda bisa menggunakan perangkap untuk menjebak tikus. Cara mengusir tikus yang membandel ini dengan meletakkan perangkap-perangkap itu pada sudut-sudut rumah yang biasa dilalui si tikus.   Jangan lupa, berikan pancingan berupa sisa makanan yang memiliki bau menyengat seperti ikan asin, ayam goreng dan lain sebagainya. Tujuannya agar tikus cepat masuk ke dalam perangkap. Apabila sudah tertangkap, segera buang tikus itu jauh dari rumah. Tapi gunakan sarung tangan dan masker agar tidak tertular penyakit yang dibawa tikus ya.

  • Buat Perangkap Tikus Sendiri

Jika kamu tidak memiliki uang untuk membeli perangkap tikus, cobalah membuatnya sendiri. Cara mengusir tikus yang membandel ini dengan mumpulkan alat dan bahan berupa papan triplek, lem perekat dan ember. Cara membuatnya, oleskan lem pada bagian atas papan atau salah satu sisi ember. Letakkan makanan untuk memancing tikus mendekat. Tikus yang tergiur dan hendak mengambil makanan otomatis akan melekat dengan lem dan terjebak pada papan atau ember.

  • Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial merupakan salah satu musuh utama tikus. Bau wangi menyengat, apalagi aroma cengkeh dan peppermint membuat Si Mickey Mouse itu kabur dari rumah. Supaya aroma minyak esensial tersebar, kamu bisa pasang diffuser. Nantinya ruangan kamu akan semerbak mewangi. Apabila tidak ada diffuser, kamu bisa menggunakan kapas bola dan celupkan ke minyak esensial itu. Kapas-kapas ini bisa kamu letakkan di tempat yang biasa dilalui tikus.

  • Racun Tikus

Jika cara mengusir tikus yang membandel di atas belum ampuh, kamu bisa juga gunakan racun tikus. Jenis-jenis racun tikus cukup beragam di pasaran. Ada yang berbentuk blok biru, beras merah, serbuk dan lain sebagainya. Apabila tikus tersebut memakan racun, maka bisa dipastikan mereka akan segera mati. Namun sayangnya, apabila menggunakan racun tikus, bangkainya sulit ditemukan. Ada yang bersembunyi di kolong kursi, di bawah lemari, di bawah kulkas dan lain sebagainya.  Beberapa produsen racun tikus membuat tikus mudah terlihat ketika racun mulai masuk tubuh. Tikus-tikus itu akan mencari sumber air terdekat dan sumber cahaya. Jadi begitu mati, bangkainya mudah ditemukan.

  • Bubuk Kopi

Cara mengusir tikus yang membandel terakhir dengan bubuk kopi. Selain enak diminum, kopi juga dapat mengusir tikus dari rumah kamu lho. Mengapa kopi ditakuti tikus? Karena kopi memiliki aroma sangat tajam. Tikus tidak suka dengan aroma yang kuat. Kamu cukup menaburkan bubuk kopi di area yang sering didatangi tikus. Tikus pun menjadi ogah mendekat ke lokasi tersebut.  Demikianlah  cara mengusir tikus yang membandel di dalam rumah. Semoga setelah kamu praktekkan cara di atas, tikus-tikus itu bisa minggat dari rumah Anda ya!

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ampuh! Ini Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah ", Klik untuk baca: Ampuh! Ini Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah - Bagian 3 (inews.id)

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut