get app
inews
Aa Read Next : Sepanjang Senin Tercatat 8 Kali Awan Panas di Puncak Gunung Merapi, BPPTKG: Bukan Eksplosif

Merapi Bergolak, Awan Panas Meluncur 2,5 Km

Sabtu, 19 Maret 2022 | 21:43 WIB
header img
Gunung Merapi kembali semburkan lava pijar.(Foto:BPPTKG)

YOGYAKARTA - Awan panas guguran sejauh 2,5 kilometer kembali muncul di puncak Gunung Merapi, Sabtu (19/3/2022) pukul 16.17 WIB. Durasinya cukup lama 211 detik dengan amplitudo 32 mm.

"Estimasi jarak jarak luncur 2.500 meter ke arah barat daya. Cuaca berkabut, angin bertiup ke barat laut," tutur Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tehnologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, Sabtu (19/3/2022). 

BACA JUGA: Miliki Istri Sah, Pelaku Nekat Lamar Bidan Cantik lalu Membunuhnya

Hasil pengamatan aktivitas Gunung Merapi pada 11-17 Maret 2022, terjadi guguran lava sebanyak 119 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng. Sedangkan jarak luncurnya maksimal 2.000 meter dan empat kali ke arah tenggara dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter.

Analisis morfologi menunjukkan adanya penurunan ketinggian kubah barat daya sekitar 2 meter akibat aktivitas guguran. Kubah lava tengah tidak teramati adanya perubahan morfologi yang signifikan.

BACA JUGA: Pembunuh Bidan Cantik dan Anaknya Ternyata Miliki Hubungan Spesial 

"Berdasarkan analisis foto, volume kubah lava barat daya terhitung sebesar 1.546.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.582.000 meter kubik," katanya. 

Sedangkan intensitas kegempaan pada minggu ini lebih tinggi dibandingkan pekan lalu. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,5 cm/hari.

Sementara intensitas curah hujan sebesar 45 mm/jam selama 70 menit di Pos Kaliurang pada tanggal 14 Maret 2022. Tidak dilaporkan terjadi lahar maupun penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

"Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat Siaga," ujarnya.  

Menurutnya, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan–barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 kilometer.

 

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul " Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer ", Klik untuk baca: Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut