AI Jadi Andalan Hadapi Lonjakan Trafik Komunikasi Lebaran

JAKARTA, iNEWSJOGLOSEMAR.ID - Kecerdasan artifisial (AI) dimanfaatkan untuk memastikan koneksi tetap stabil selama lonjakan trafik komunikasi di momen Ramadan dan Lebaran. Teknologi AI ini untuk memprediksi kenaikan trafik, mengoptimalkan kapasitas jaringan, serta mempercepat penyelesaian gangguan.
Dengan pendekatan ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menghadirkan Unparalleled Network Services Guaranteed, sebuah jaminan layanan jaringan yang lebih stabil dan andal. Setiap tahun, perayaan Idulfitri di Indonesia menyebabkan peningkatan mobilitas masyarakat yang berdampak pada lonjakan penggunaan data, baik untuk panggilan, pesan, maupun akses internet.
Untuk mengantisipasi hal ini, Indosat mengintegrasikan AI ke dalam sistem operasional jaringannya melalui INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience), yang mengadopsi cognitive learning untuk meningkatkan kualitas layanan.
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menekankan bahwa AI adalah bagian dari transformasi Indosat menjadi perusahaan berbasis teknologi AI.
"AI tidak hanya mendukung kami meningkatkan pengalaman digital pelanggan, tetapi juga menjadi fondasi dalam perjalanan Indosat menuju AI Native TechCo. Dengan AI, kami memastikan bahwa setiap pelanggan, di mana pun mereka berada, dapat menikmati konektivitas terbaik yang mendukung aktivitas mereka selama Ramadan dan Lebaran," kata dia.
Editor : Enih Nurhaeni