get app
inews
Aa Read Next : Coblosan Ulang Sangat Ketat, Tiap TPS Dijaga 10 Polisi dan 5 TNI

Prajurit Kodam IV/Diponegoro Gencar Latihan Tempur di Perkotaan

Rabu, 23 Maret 2022 | 13:29 WIB
header img
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto

SEMARANG  – Prajurit Kodam IV/Diponegoro gencar melakukan latihan pertempuan kota (purkota) untuk mengantisipasi segala ancaman. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan prajurit di medan laga.

“Saya berpikir begini, dinamika saat ini daerah-daerah pertemuan yang akan kita hadapi di mana? Satu permukiman, desa, perkotaan,” kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto di sela Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam IV/Diponegoro Tahun Anggaran 2022 di Balai Diponegoro, Senin (21/3/2022).

Latihan Purkota bertujuan membina kemampuan tempur prajurit Satpur, Satbanpur, dan Satbanmin agar siap menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Dalam latihan, terdapat simulasi merebut kembali objek-objek vital, kantor pemerintahan, dan instalansi energi serta pembebasan sandera.

Menurutnya, ancaman tidak hanya dari luar negeri tetapi bisa pula dari dalam negeri. Termasuk mengantisipasi ancaman radikalisme yang mungkin timbul di wilayah Jateng dan DIY. Sebab, Jateng dan DIY merupakan provinsi yang cukup besar dan menjadi salah satu barometer nasional, dengan penduduk berbagai latar belakang suku, agama, dan ras.

Untuk itu, seluruh prajurit Kodam IV/Diponegoro harus mampu dan siap dalam menjaga kondusivitas wilayah serta menguasai teknik dan taktik pertempuran kota. Kemampuan itu harus dimiliki seluruh prajurit bukan hanya pasukan khusus atau Raider.

Jenderal bintang dua itu menambahkan, Rapim Kodam IV/Diponegoro TA 2022 merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI dan Rapim TNI Angkatan Darat yang telah dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para unsur pimpinan di lingkungan Kodam IV/Diponegoro terkait pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran serta penyampaian pokok-pokok kebijakan Pangdam IV/Diponegoro TA 2022 dengan didasari evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA 2021.

Pangdam juga memberikan penilaian positif atas kinerja seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro yang telah berkomitmen dan bekerja keras dalam menyukseskan rangkaian tugas di TA. 2021, sehingga seluruh agenda kegiatan dan program dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar.

"Jadi secara average seluruh satuan kodam IV/Diponegoro meningkat kinerjanya di tahun 2021 meskipun dalam situasi Covid-19,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito, Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Mirza Agus, Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Kus Hariyono, Para Danrem, Asrendam dan para Asisten Kasdam, Perwira Liaison dan Kabalak serta Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut