get app
inews
Aa Read Next : Diduga Hina Presiden Jokowi, Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Penasaran THR Lebaran Presiden Jokowi? Segini Nilainya

Selasa, 19 April 2022 | 12:02 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Ist)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengumumkan, pegawai negeri sipil (PNS)/ aparatur sipil negara (ASN) akan menerima tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 mulai H-10 Lebaran.

Artinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin juga akan menerima THR dan gaji ke-13. Tahun ini, THR dan gaji ke-13 diberikan berdasarkan gaji pokok dan tunjangan melekat ditambah 50 persen tunjangan kinerja alias tukin. Namun, presiden dan wapres tidak mendapatkan tambahan tukin. 

BACA JUGA:

THR Anggota DPR Tahun Ini Minimal Rp12,26 Juta

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, dalam struktur penghasilan presiden dan wapres sebagai pejabat negara, tidak ada tukin.

"Struktur penghasilan Presiden tidak ada komponen tukin," kata Yustinus kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Lantas, berapa besar THR dan gaji ke-13 yang diterima Jokowi dan Ma'ruf Amin? Aturan mengenai gaji presiden tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administrasi Presiden dan Wakil Presiden dan PP Nomor 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tinggi Negara.

BACA JUGA:

Kritik Keras Luhut Pandjaitan, Politikus PDIP Dilaporkan ke MKD DPR

 

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut