get app
inews
Aa Read Next : Penasaran THR Lebaran Presiden Jokowi? Segini Nilainya

THR Anggota DPR Tahun Ini Minimal Rp12,26 Juta

Selasa, 19 April 2022 | 11:52 WIB
header img
Ilustrasi anggota DPR (Ist)

JAKARTA - Pemerintah bakal memberikan tunjangan hari raya (THR) paling lambat pada H-10 Lebaran kepada aparatur hingga pejabat negara, termasuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 tahun 2022 tentang Pemberian THR dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

BACA JUGA:

Kritik Keras Luhut Pandjaitan, Politikus PDIP Dilaporkan ke MKD DPR

Berdasarkan regulasi tersebut, THR untuk anggota DPR merupakan penjumlahan antara gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan 50 persen tunjangan kerja.

Tunjangan yang diberikan sesuai dengan jabatan, pangkat, peringkat jabatan atau kelas jabatan. Dalam PP Nomor 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Lembaga Tertingg/Tinggi negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara serta Uang Kehormatan Lembaga Tinggi Negara, gaji pokok ketua DPR sebesar Rp5,04 juta per bulan, sedangkan anggota DPR Rp4,02 juta per bulan. 

BACA JUGA:

Viral! Suami Salat Tarawih, Istri Indehoy Bareng Selingkuhan di Rumah

Selanjutnya, gaji tersebut ditambah tunjangan suami atau istri sebesar 10 persen dari gaji pokok. Sedangkan tunjangan anak sebesar 2 persen dari gaji pokok. 

Ada pun tunjangan suami atau istri yang didapat anggota DPR sekitar Rp420.000 dan tunjangan anak Rp84.000. Pemberian THR tersebut juga ditambahkan dengan tunjangan jabatan yang diatur dalam Kepres Nomor 68 tahun 2001 sebesar Rp7,56 juta. Dengan demikian, jika dijumlahkan maka THR yang diterima oleh anggota DPR pada tahun ini minimal sebesar Rp12,26 juta.

BACA JUGA:

Dua Mantan Napi Sekongkol, Berlagak Satpol PP lalu Perkosa Gadis Cantik Bergiliran

 

 

 

 

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Anggota DPR Terima Minimal THR Tahun Ini Segini ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/anggota-dpr-terima-minimal-thr-tahun-ini-segini.
 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut