get app
inews
Aa Read Next : FOTO: Film Asa Luar Biasa, Kisah Autisme Dewasa

Teknik Tempur Mematikan! Pasukan Elite Kostrad Mahir Gunakan Sumpit Dayak

Rabu, 27 April 2022 | 20:27 WIB
header img
Kostrad memiliki pasukan elite Peleton Intai Tempur (Tontaipur). (Foto tni.mil.id)

JAKARTA - Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) memiliki pasukan tempur elite yang diberi nama Peleton Intai Tempur (Tontaipur). Pasukan ini memiliki spesialisasi sabotase dan intelijen dalam operasi tempur atau misi khusus.

Dilansir dari laman kostrad.mil.id, pasukan elite ini dibentuk atas prakarsa Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu pada 2001 saat dirinya menjabat Pangkostrad. Awalnya pasukan elite ini memiliki nama Peleton Intai Keamanan (Tontaikam) Brigade. Kemudian, diganti menjadi Peleton Intai Tempur (Tontaipur). Pada 2005 peleton ini resmi bernama Kompi Intai Tempur (Taipur). 

BACA JUGA:

Ngeri! Penghuni Kos Tidur Lelap, Dibacok Celurit Orang Misterius

Sejak awal dibentuk, prajurit Taipur langsung diterjunkan ke sejumlah medan operasi. Operasi pertamanya adalah Aceh pada 2001. Selanjutnya diterjunkan ke Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Papua. Tak hanya dalam negeri, pasukan elite ini juga terlibat dalam operasi pembebasan Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak oleh Perompak Somalia pada 2011.

Prajurit Taipur memiliki keahlian khas melakukan infiltrasi ke jantung musuh secara senyap untuk melakukan sabotase. Prioritas yang diberikan adalah tugas-tugas infiltrasi di gunung dan kota. 

BACA JUGA:

Herry Wirawan Permekosa Belasan Santriwati Ajukan Kasasi ke MA

 

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut