Operasi Pengamanan Pemilu 2024, Polda Jateng Pamerkan Drone Pelontar Gas Air Mata

Taufik Budi
Operasi Pengamanan Pemilu 2024, Polda Jateng Pamerkan Drone Pelontar Gas Air Mata (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Polda Jateng pamerkan drone pelontar gas air mata ketika apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Candi 2023 di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro, Rabu (18/10/2023). Operasi itu dalam rangka pengamanan rangkaian Pemilu sejak 2023 hingga 2024.

Drone berukuran besar itu memiliki empat kaki dengan delapan baling-baling. Beratnya mencapai 10 kilogram dan mampu membawa muatan gas air mata seberat 5 kilogram. Sementara kemampuan terbang bisa mencapai jarak 5 kilometer yang dikendalikan dari jarak jauh.

Selain drone atau pesawat tanpa awak, polisi juga memamerkan sejumlah alat untuk mendeteksi bahan peledak atau cairan kimia. Ada pula peralatan selam lengkap dengan tabung oksigen, serta beragam perlengkapan modern lain yang menunjang tugas polisi untuk melindungi masyarakat.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan operasi ini digelar terpusat dari Markas Besar hingga ke tingkat satuan wilayah. Operasi berlangsung sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 dengan melibatkan hampir 22.000 personel di Jateng.

Gabungan personel itu terdiri dari Polda, Polres, dibantu TNI dan pemerintah daerah. Kemudian, personel akan disebar ke 117.000 tempat pemungutan suara (TPS) baik yang berkategori kurang rawan, rawan, hingga sangat rawan.

“Kita telah melakukan pemetaan kualifikasi Sangat Rawan ada 292 TPS, Rawan 760 TPS, dan Kurang Rawan 116 ribu TPS,” jelasnya.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana yang turut hadir dalam apel tersebut mengatakan mengapresiasi gelar pasukan ini. Sebab, bisa menyiapkan berbagai instansi untuk mengamankan rangkaian Pemilu 2024.

Nana mengatakan TNI, Polri dan pemerintah daerah siap mengamankan rangkaian Pemilu sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024. Selama bertugas, dia meminta petugas gabungan untuk solid.

“Kita akan bersama-sama di lapangan dan tentunya harus menjamin pelaksanaan Pemilu 2024 akan berjalan dengan lancar tertib dan kondusif,” kata Nana.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network