Pasar Online
Saat ini, pemasaran black garlic masih terbatas pada pesanan dari teman-teman dan orang terdekatnya. Namun, Titik sedang belajar untuk memaksimalkan pemasaran melalui platform online dan toko oleh-oleh.
Dengan bergabung di Rumah BUMN, Titik mendapat banyak manfaat. Di antaranya berupa pelatihan keterampilan fisik dan digital, fasilitas hak kekayaan intelektual (HAKI), informasi tentang sertifikasi halal, dan dukungan pendanaan.
“Saya sangat berterima kasih bisa bergabung di Rumah BUMN, yang support dan membantu para pelaku UMKM,” ungkap dia.
Koordinator Rumah BUMN Semarang, Endang Sulistiawati, mengungkapkan bahwa mereka memiliki program Brinkubator yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada UMKM. Program ini mencakup materi-materi penting seperti rantai pasokan, manajemen pemasaran, mindset, dan lain-lain.
“Kemudian pelatihan foto produk food, termasuk foto fesyen agar foto-foto menarik ketika diunggah ke media sosial. Kita juga kerja sama dengan marketplace Shopee, Blibli, kemudian, marketplace punya BRI yaitu Localoka,” jelasnya.
"Semua program yang kami buat memiliki hasil yang nyata. UMKM yang mengikuti program ini akan mendapatkan output terbaik," tandasnya.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait