Komisi B Dorong KBTPH Tawangmangu Tingkatkan Hasil Panen Petani

Septi Wulandari
Komisi B Dorong KBTPH Tawangmangu Tingkatkan Hasil Panen Petani (Ist)

KARANGANYAR, iNeesJoglosemae.r.id – Ketua Komisi B DPRD Jateng Sarno meminta pengelola Kebun Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (KBTPH) Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, mendongkrak hasil panen petani di Jawa Tengah. Komisi B DPRD Jateng kemarin lusa meninjau salah satu aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng yakni KBTPH Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, untuk melihat dan memantau hasil panen dari kebun tersebut.

“Perlu adanya sosialisasi ke para petani untuk mengajarkan sistem pertanian yang baik guna meningkatkan kualitas dan mutu hasil panen. Jadi pertanian itu selalu nomor 1 karena ini komoditas utama kita di Jateng,” ujar politikus PDI Perjuangan itu, Selasa (7/5/2024).

KBTPH Tawangmangu merupakan aset milik Pemprov Jateng yang dikelola oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) melalui Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Wilayah Surakarta. Luas lahan dari KBTPH ini berada di 2 kelurahan berbeda yakni 22.105 m2 Kelurahan Tawangmangu dan 13.097 m2 berada di Kelurahan Gondosuli. Ada berbagi komoditas yang ditanam seperti aneka sayuran, pisang dan alpokat.

Sarno berharap dengan adanya KBTPH ini mampu mendorong dan mendongkrak hasil panen Jawa Tengah. Menurutnya, petani harus lebih fokus terhadap hasil panen dikarenakan hasil panen merupakan komoditas utama di Jawa Tengah. 

Editor : Enih Nurhaeni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network