Rabbit Hole: Menyelami Lubang Kelinci Karya Seni Zidni

Enih Nurhaeni
Rabbit Hole: Menyelami Lubang Kelinci Karya Seni Zidni (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Zidni Maulana, mahasiswa semester 6 Pendidikan Seni Rupa (PSR) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), menarik perhatian dengan karya x-banner berjudul "Rabbit Hole" dalam Pameran Presentasi bertajuk "Karya Sana Curhat Sini." Menggunakan dominasi warna biru dan putih dengan gambar siluet perempuan, karya ini menggambarkan perjalanan pribadi Zidni yang terjebak dalam labirin kehidupan.

"Rabbit hole ini keresahan yang sudah banyak dirasakan orang-orang sekitar," ujar Zidni saat mempresentasikan karyanya di hadapan dosen dan rekan mahasiswa lainnya. 

Ia menjelaskan bahwa "rabbit hole" adalah fenomena sosial di mana seseorang terjebak dalam kegiatan yang menyenangkan namun menyita waktu dan uang, bahkan rela mengeluarkan banyak biaya demi kesenangan yang menjebak.

Pameran yang diadakan di Kedai Romo, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang pada Kamis (20/6/2024) malam ini menampilkan berbagai karya dari 40 mahasiswa peserta Mata Kuliah Ilustrasi Ceritera dan Mata Kuliah Gambar Imajinatif. Arief Hadinata, dosen praktisi pengampu mata kuliah tersebut dan pemilik Hokgstudio, menyatakan bahwa pameran ini merupakan puncak dari rangkaian 12 jam perkuliahan.

Arief menekankan pentingnya relevansi tema visual dengan permasalahan mahasiswa, yang membutuhkan observasi cermat sebelum memulai praktik. Ia juga menjelaskan alasan memilih medium x-banner dibanding kanvas atau spanram, mengingat dinamika seni rupa di era digital yang lebih akrab dengan media sosial dan cetak digital, serta pengerjaan yang lebih singkat dengan perangkat digital.

Editor : Enih Nurhaeni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network