Gunung Merapi Bergolak, Masyarakat Diminta Waspada!

Taufik Budi
Gunung Merapi Bergolak, Masyarakat Diminta Waspada! (Ist)

MAGELANG, iNewsJoglosemar.id - Gunung Merapi, salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, menunjukkan peningkatan aktivitas yang signifikan dan saat ini berada pada Level III (Siaga).

Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten/Kota Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah, telah memuntahkan guguran lava sejauh 1800 meter ke arah Kali Bebeng pada Jumat, 26 Juli 2024.

Pengamatan visual dari pukul 00.00 hingga 06.0 WIB menunjukkan gunung api ini terlihat jelas dengan asap kawah utama berwarna putih tebal, menjulang setinggi 15 meter dari puncak. Cuaca cerah dengan angin tenang ke arah barat memungkinkan pemantauan yang optimal.

Aktivitas kegempaan di Gunung Merapi juga meningkat dengan terdeteksi 16 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-24 mm dan durasi 30.6-155.96 detik, 2 kali gempa hybrid/fase banyak, serta 1 kali gempa tektonik jauh. Cuaca cerah dengan suhu sekitar 15.2°C, kelembaban 84%, dan tekanan udara 872.9 mmHg menambah stabilitas pengamatan.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network