BRIDA Kota Semarang Resmikan RUKO KITA, Fasilitasi Kolaborasi dalam Riset dan Inovasi

Septi Wulandari
BRIDA Kota Semarang Resmikan RUKO KITA, Fasilitasi Kolaborasi dalam Riset dan Inovasi (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Semarang mengadakan workshop bertajuk "Penguatan Kelembagaan BRIDA" serta meresmikan Program RUKO KITA pada Rabu, 7 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di Ruang Komisi A dan B, Gedung Moh Ihsan, Balai Kota Semarang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BRIDA Kota Semarang, Soenarto, menyampaikan bahwa workshop kali ini fokus pada penguatan kelembagaan BRIDA dan pemanfaatan peta jalan riset serta inovasi di Kota Semarang.

"Workshop ini bertujuan untuk membahas bagaimana BRIDA sebagai lembaga baru dapat beradaptasi dengan perubahan mekanisme, khususnya dalam hal riset, kajian, dan inovasi yang harus diorganisir oleh pemerintah daerah," ujar Soenarto setelah menjadi narasumber dalam workshop tersebut.

Soenarto juga menjelaskan bahwa workshop ini menghadirkan narasumber yang berkompeten, termasuk Atang Sulaeman dari BRIN sebagai Perekayasa Ahli Madya, Anggota Komisi A DPRD Kota Semarang Budiharto, perwakilan dari BRIDA Jateng, akademisi, serta Bappeda.

"Pak Atang dari BRIN pusat memberikan pencerahan kepada OPD mengenai peran BRIDA dalam mengendalikan kegiatan riset dan kajian," jelasnya.

Menurut Soenarto, hal ini sejalan dengan regulasi yang tertuang dalam Peraturan BRIN Nomor 5 Tahun 2023 tentang penguatan peran dan fungsi BRIDA. "Dalam transisi ini, BRIDA berperan sebagai koordinator utama. Oleh karena itu, masyarakat, akademisi, dan OPD yang memiliki kajian atau riset diharapkan untuk berkoordinasi dengan BRIDA," terangnya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network