Pertamina Patra Niaga Gelar UMK Academy 2024, Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas

Taufik Budi
Pertamina Patra Niaga Gelar UMK Academy 2024, Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas (Ist)

Kolaborasi untuk Tingkatkan Keterampilan

Erlina Handari, pemilik Ade Craft Semarang, juga menjadi bagian dari UMK Academy 2024. Mitra binaan Pertamina ini sudah lama berkecimpung di dunia seni lukis kain dan sutra. Erlina bercerita bahwa keikutsertaannya dalam program ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar dan berkontribusi pada komunitas. “Saya berharap bisa go global dan menjadi juara di tingkat nasional,” katanya.

Selain itu, Erlina memiliki misi sosial dengan dana hibah yang diperolehnya. “Dana hibah yang saya dapatkan nantinya akan saya pergunakan untuk membantu narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan agar mereka bisa mandiri setelah keluar,” ungkapnya.

Selama mengikuti akademi, Erlina banyak belajar dan menjalin kolaborasi dengan pelaku UMKM lain. Meskipun usahanya fokus pada kerajinan, ia menemukan peluang untuk bekerja sama dengan pelaku usaha dari bidang yang berbeda.

“Saya berkolaborasi dengan pelaku usaha tas dengan melukis tas-tas mereka. Kolaborasi ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan pasar kami,” tambahnya.

Produk-produk lukisan kain dari Ade Craft sudah mencapai pasar internasional, termasuk Eropa dan Australia. Erlina berharap melalui UMK Academy, jangkauan usahanya bisa semakin meluas.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network