SEMARANG, iNEWSJOGLOSEMAR.ID - Fahd Yudhanegoro, EVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison, mengungkapkan bahwa sejalan dengan kinerja positif Indosat secara nasional, region Jawa Tengah & DIY mencatatkan pencapaian yang menjanjikan pada kuartal pertama tahun 2025.
"Hingga Maret 2025, jumlah pelanggan Indosat di region ini mencapai 15,9 juta, dengan tambahan sekitar 200.000 pelanggan dibandingkan Desember 2024. Region Jawa Tengah & DIY kini menjadi penyumbang pelanggan terbesar kedua di Indonesia," jelas Fahd, Rabu (30/4/2025).
Pencapaian ini didorong oleh komitmen Indosat dalam memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan, serta memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggannya. Sebagai bukti komitmen tersebut, lebih dari 2.800 BTS 4G telah dibangun di wilayah Jawa Tengah & DIY, yang meningkatkan kapasitas jaringan sekitar 12% YoY.
Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan kinerja yang solid di kuartal pertama 2025, meskipun industri menghadapi tantangan yang semakin kompetitif. Pada kuartal ini, ARPU Indosat tumbuh 4,6% YoY, mencapai Rp39.200, sementara jumlah pelanggan seluler meningkat 700.000 orang, membawa total pelanggan seluler Indosat menjadi 95,4 juta.
Indosat melaporkan pendapatan stabil sebesar Rp13.577,9 miliar dengan EBITDA mencapai Rp6.415,1 miliar, tumbuh 0,6% secara kuartalan (QoQ). Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 27% secara kuartalan menjadi Rp1.311,1 miliar, mencatatkan kinerja laba positif selama 17 kuartal berturut-turut.
Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan bahwa capaian ini mencerminkan kinerja keuangan yang solid serta dedikasi seluruh tim dalam melayani masyarakat Indonesia. Ia menambahkan bahwa Indosat sedang mempersiapkan masa depan digital Indonesia dengan memperluas jaringan 4G dan berinvestasi pada infrastruktur 5G untuk mendukung teknologi AI.
Indosat juga mencatatkan belanja modal (Capex) sebesar Rp2.620,4 miliar pada kuartal pertama 2025, dengan 90,4% diantaranya dialokasikan untuk pengembangan bisnis seluler. Dalam ajang Mobile World Congress 2025, Indosat mengumumkan kolaborasi strategis dengan Nokia dan NVIDIA untuk mengimplementasikan teknologi AI-RAN secara komersial di jaringan 5G Indosat.
Pada Februari 2025, Indosat meluncurkan Digital Hub yang menyediakan berbagai layanan pilihan di bidang hiburan, e-commerce, kesehatan, dan gaya hidup. Digital Hub ini mendapat sambutan positif dengan lebih dari 50 juta pengguna aktif bulanan dan 10 juta pengguna harian.
Selain itu, Indosat terus memperluas program pengembangan talenta melalui inisiatif seperti Generasi TerkonekSI (GenSi) dan IDCamp yang bertujuan membekali generasi muda Indonesia dengan keterampilan di bidang AI, otomatisasi, dan digital leadership.
Indosat tetap berfokus pada inklusivitas dan inovasi untuk mendukung transformasi digital Indonesia. "Perjalanan kami untuk menjadi AI-TechCo baru saja dimulai. Teknologi kami berfungsi sebagai kekuatan untuk inklusi, inovasi, dan kedaulatan digital," tutup Vikram.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait