SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan kemudahan baru dalam layanan digital pemesanan tiket. Mulai Kamis, 10 Juli 2025, masyarakat kini dapat memesan tiket kereta api antar kota hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan dan KA perkotaan hingga 10 menit sebelum kereta berangkat, melalui aplikasi Access by KAI dan situs resmi https://booking.kai.id.
Kebijakan ini merupakan bagian dari transformasi layanan digital KAI dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat yang semakin dinamis dan kerap membutuhkan perjalanan mendadak.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan bahwa kebijakan ini bertujuan memberikan fleksibilitas yang lebih luas bagi pelanggan.
“Kini, pemesanan tiket KA antar kota dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, sedangkan untuk KA perkotaan hingga 10 menit sebelum keberangkatan,” jelas Franoto.
Sebelumnya, pemesanan tiket hanya bisa dilakukan maksimal satu jam sebelum keberangkatan. Penyesuaian ini hanya berlaku untuk pemesanan digital melalui aplikasi dan situs web resmi KAI. Aplikasi Access by KAI perlu diperbarui ke versi minimal 6.12.1 untuk Android dan 6.13.0 untuk iOS agar pelanggan dapat menikmati fitur terbaru ini.
Kebijakan baru ini juga menyentuh sisi keamanan dan pendataan penumpang. Penumpang Warga Negara Indonesia (WNI) kini wajib mengisi data dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), termasuk untuk penumpang infant. Sementara penumpang Warga Negara Asing (WNA) wajib mencantumkan nomor identitas sesuai paspor.
Untuk memberikan lebih banyak alternatif kepada pelanggan, pembelian tiket tarif khusus juga bisa dilakukan mulai 2 jam sebelum keberangkatan, selama tempat duduk masih tersedia. Sedangkan untuk tarif go show, pembelian bisa dilakukan mulai 3 jam sebelum keberangkatan.
Pembaruan ini diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat yang mencari opsi perjalanan hemat, cepat, dan fleksibel, tanpa harus antre di loket atau mendatangi stasiun.
Franoto menambahkan, perubahan sistem ini sejalan dengan semangat KAI dalam membangun layanan transportasi yang adaptif dan efisien di era digital.
“Transformasi digital terus kami lakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Fitur ini menjadi salah satu upaya KAI dalam menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, efisien, dan sesuai dengan ritme kehidupan modern yang serba mendadak,” tutup Franoto.
KAI Daop 4 Semarang terus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan digital sebagai pilihan utama dalam merencanakan perjalanan. Untuk pertanyaan lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center 121, mengakses aplikasi Access by KAI, atau melalui media sosial resmi @KAI121.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait