Informasi kepada penumpang disebarkan melalui berbagai kanal: dari pengumuman langsung di stasiun, aplikasi Access by KAI, website resmi kai.id, hingga media sosial dan Contact Center 121. Bahkan, sistem SMS dan WhatsApp blast diaktifkan untuk memberikan peringatan dini kepada penumpang terdampak.
Di balik layar, Pusdalyan terus berkoordinasi dengan petugas stasiun agar informasi dan pelayanan penumpang tetap berjalan meski terjadi penundaan atau perubahan jadwal. Pusdalyan juga memastikan penumpang menerima hak layanan pengganti sesuai kebijakan.
KAI memastikan setiap keputusan, baik di sisi operasional maupun pelayanan, selalu berdasarkan standar keselamatan dan kenyamanan penumpang. Penyesuaian jadwal atau pembatalan perjalanan tetap mengutamakan keselamatan.
“Kami berterima kasih atas kesabaran dan pengertian pelanggan dalam menyikapi situasi-situasi tidak terduga yang terjadi. KAI Daop 4 Semarang akan terus meningkatkan koordinasi dan kapasitas responsif kami demi menjaga keandalan layanan transportasi kereta api yang berorientasi pada keselamatan dan kepuasan pelanggan,” tutup Franoto.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait