get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Harga Bawang Merah Picu Inflasi Tinggi, Ternyata Ini Sebabnya!

Rabu, 14 September 2022 | 14:09 WIB
header img
Harga Bawang Merah Picu Inflasi Tinggi, Ternyata Ini Sebabnya! (Ist)

BREBES - Produktivitas bawang merah menurun dinilai menjadi salah satu penyebab harganya melonjak dan berkontribusi pada inflasi di Jawa Tengah. Untuk itu, seluruh pihak diminta turun tangan mengatasi penurunan produktivitas di Kabupaten Brebes.

"Ini saya cek karena kenapa ya harga bawang merah ini kok kontribusi pada inflasinya tinggi sekali. Ternyata produksinya di sini juga tidak terlalu optimal," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai melihat lahan bawang merah dan berdialog dengan Gapoktan Umbul Makmur Wiyono, Desa Krasak, Brebes, Rabu (14/9/2022).

Saat berdialog dengan para petani, Ganjar mengetahui penurunan produktivitas itu disebabkan beberapa faktor. Di antaranya kerusakan tanah pada lahan pertanian seperti berkurangnya unsur hara pada tanah sehingga tanah menjadi keras, terlalu banyak penggunaan pupuk kimia dan pestisida, serta faktor cuaca.

"Tadi sudah kita cek, tapi dari pengakuan kawan-kawan semua sudah menyadari dan menyampaikan informasi kayaknya berkurang produktivitasnya. Maka tugas kita sekarang mengembalikan unsur hara tanah," kata Ganjar.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut