get app
inews
Aa Read Next : Jelang May Day, Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel

Masak Kuliner Lebaran, Wonosobo Tertinggi Gunakan LPG di Jateng

Kamis, 27 April 2023 | 19:50 WIB
header img
Masak Kuliner Lebaran, Wonosobo Tertinggi Gunakan LPG di Jateng (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.idWonosobo menjadi daerah tertinggi gunakan LPG di Jateng, saat libur Lebaran Idul Fitri 1444 H. Tercatat konsumsi LPG di Kabupaten Wonosobo meningkat 11% dari normal 75 MetricTon (MT) per hari, kemudian Kota Salatiga 6,8% dari normal 35 MT/hari, diikuti Kabupaten Grobogan 6,3% dari normal 115 MT/hari.

“Konsumsi tertinggi untuk LPG adalah H-1 lebaran atau tanggal 21 April 2023 untuk provinsi Jawa Tengah dan DIY kenaikannya 10,2% di hari itu yaitu dari 4.547 MT/hari naik menjadi 5.011 MT/hari," jelas Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Kamis (27/4/2023).

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah juga mencatat konsumsi LPG untuk wilayah DIY, yang melonjak cukup tinggi adalah Kabupaten Gunungkidul sebanyak 3,9% dari rata rata harian normal 57 MT/hari.

Tak hanya LPG, kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline di jalur wisata seperti di wilayah DIY terdapat Kabupaten Gunungkidul yang konsumsinya meningkat hingga 55,6% dari 203 KiloLiter (KL) per hari naik menjadi 316 KL/ hari. Untuk di wilayah Jawa Tengah ada Kabupaten Banyumas konsumsi gasoline meningkat 74,4% dari 524 KL/hari naik menjadi 913 KL/hari pada 25 April 2023 atau hari terakhir cuti bersama.

“Terkait arus balik, kami melihat kenaikan konsumsi BBM belum begitu signifikan di hari tanggal terakhir cuti bersama sehingga kami memprediksi mobilisasi arus balik Lebaran ini akan terus berjalan hingga libur tanggal 1 Mei nanti," jelas Brasto.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut