get app
inews
Aa Read Next : Sambut Arus Mudik, Pertamina Patra Niaga Uji Tera SPBU di Jawa Tengah

Pertamina Catat 2 Kali Puncak Arus Balik di Jateng DIY, Kebutuhan BBM Melonjak

Rabu, 03 Mei 2023 | 15:09 WIB
header img
Pertamina Catat 2 Kali Puncak Arus Balik di Jateng DIY, Kebutuhan BBM Melonjak (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.idPertamina catat 2 kali puncak arus balik Lebaran Idul Fitri di Jateng dan DIY. Meski kebutuhan BBM melonjak, namun Pertamina bisa mencukupinya dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, menjelaskan jumlah pemudik pada 2023 tercatat mengalami peningkatan sangat besar. Namun untuk arus balik dilakukan secara bertahap sehingga terdapat dua momen puncak konsumsi BBM di arus balik yaitu pada 25 dan 1 Mei 2023.

“Pada arus balik, Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan BBM pemudik yang meningkat hingga +66% untuk jenis Gasoline di tanggal 20 April (H-2 lebaran) pada puncak arus mudik dan kembali melonjak naik +46% untuk pada puncak arus balik 25 April 2022 (H+3 lebaran) namun gelombang arus balik tetap terjadi di hari berikutnya hingga mencapai puncak kedua di tanggal 1 Mei dengan kenaikan +22%, ketiga persentase tersebut naik dibanding rata-rata normal harian 12.736 KiloLiter (KL) per hari,” jelas Brasto.

Seluruh pemudik Pertamina kami layani dengan maksimal dan setiap hari pun kami terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM yang luar biasa sepanjang arus balik ini,” lanjutnya.

Tren konsumsi untuk arus balik juga dapat terlihat di beberapa kota yang dilalui jalur balik menuju Jakarta selama periode H+3 hingga H+9 Lebaran arus balik. Konsumsi Gasoline tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 501 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat +43,5% dibandingkan rerata normal yang hanya 349 KL/hari.

Wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Pekalongan  313 KL/hari atau naik +43,2% dibandingkan kondisi normal yakni 218 KL/hari, dan Kabupaten Pemalang  353 KL/hari atau naik +36% dibandingkan kondisi normal di angka 259 KL/hari.

Selain jalur darat, Pertamina juga berhasil memenuhi kebutuhan Avtur untuk pemudik yang menempuh perjalanan dengan moda transportasi udara atau pesawat terbang.

“Hal ini juga terbukti dari konsumsi Avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang terdapat di Jawa Tengah dan DIY yang meningkat pada puncaknya arus mudik jalur udara pada 19 April 2023 (H-3 lebaran) sebesar +75%. Sementara puncak pada masa arus balik pada 25 April 2023 (H+3 lebaran) meningkat sebesar +39% dan puncak kedua arus balik dilanjut pada 1 Mei 2023 (H+9 lebaran) meningkat sebesar +37% dari rata rata harian normal,” lanjut Brasto.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut