get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Jumlah Wisatawan ke Jateng Turun 1,3 Juta Dibanding Libur Lebaran Tahun Lalu

Kamis, 04 Mei 2023 | 18:11 WIB
header img
Jumlah Wisatawan ke Jateng Turun 1,3 Juta Dibanding Libur Lebaran Tahun Lalu (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Jumlah wisatawan ke Jateng turun 1,3 juta orang sepanjang libur Lebaran 2023 dibanding libur Lebaran tahun lalu. Pada 2022, kunjungan ke destinasi wisata mencapai 5,3 juta orang.

Kabid Pemasaran Wisata pada Disporapar Jateng Setyo Irawan, mengatakan, penurunan jumlah kunjungan wisatawan dipengaruhi beberapa hal. Antara lain disebabkan euforia warga yang kini cenderung memilih bersilaturahmi ke sanak famili, ketimbang berwisata.

"Dibanding tahun lalu ada penurunan sekitar 28 persen. Faktornya, tren masyarakat sekarang yang berubah, karena akses jalan bagus, jadi memilih bersilaturahmi ke keluarga daripada berwisata," papar, Kamis (4/5/2023).

Pada 2023 terjadi perubahan tren kunjungan wisata, diindikasikan dengan jumlah wisatawan yang cenderung menurun, dibanding pada 2022. Melihat kondisi tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi dengan pelaku wisata dan pengelola tempat wisata.

"Jumlah wisatawan nusantara selama masa liburan Lebaran (15 April 2023) sampai hari ini, mencapai 3.953.914 orang. Itu jumlah sementara, karena masih ada kabupaten/kota yang belum menyampaikan data," ujarnya. 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut