get app
inews
Aa Read Next : Resmi Tersangka! Marketing Honda Brio Kuning Tabrak Pengunjung di Paragon Mall

Ini Alasan Vario Jago Diajak Jalan Luar Kota, Miliki Sistem Pendingin

Rabu, 31 Mei 2023 | 13:38 WIB
header img
Ini Alasan Vario Jago Diajak Jalan Luar Kota, Miliki Sistem Pendingin (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.idSkuter matik (skutik) Vario jago diajak jalan luar kota karena memiliki performa mesin mumpuni. Selain itu, Honda juga menyematkan sistem cairan pendingin atau radiator pada skutik injeksi ini.

“Motor Vario baik yang 125cc maupun 150cc itu sudah dilengkapi radiator. Jadi kalau dipakai luar kota, mesin tetap adem. Jadi bisa melaju lancar tanpa terjadi overheat,” kata Service Advisor Bengkel Astra Jaya Abadi Ungaran, Rizky Wahyu.

Motor Vario disebut banyak jadi pilihan pemudik Lebaran Idul Fitri beberapa waktu lalu. Perjalanan jauh yang tak jarang terjebak kemacetan, membutuhkan kendaraan andal agar bisa tiba di kampung halaman dengan selamat.

Sistem radiator berfungsi mendinginkan mesin dengan cara menyerap panas melalui cairan pendingin (water coolant). Cairan ini bersirkulasi lewat water jacket di bagian silinder dan kepala silinder Honda Vario.

Kemudian, cairan tersebut akan mengalir lagi menuju radiator. Di radiator inilah, cairan akan tersebar ke pipa-pipa kecil agar suhunya menjadi turun. Cairan yang sudah didinginkan di radiator, akan kembali dialirkan ke area mesin sehingga suhunya tetap ideal.

“Makanya pemotor juga harus cek air radiator. Di situ ada indikatornya batas atas dan bawah. Jangan sampai air radiator berada di bawah batas ambang, karean berisiko mesin panas hingga overheat,” jelasnya.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut