get app
inews
Aa Read Next : Haru! Kapolda Minta Maaf: Operasi Ketupat Terakhir

Brimob Datangi Keraton Surakarta, Ambil Air Suci untuk Cuci Pataka Polisi

Kamis, 15 Juni 2023 | 08:35 WIB
header img
Brimob Datangi Keraton Surakarta, Ambil Air Suci untuk Cuci Pataka Polisi (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Personel Brimob datangi Keraton Surakarta, ambil air suci untuk cuci Pataka Polda Jateng dan Panji-Panji Kepolisian. Air suci diambil dari 7 sumber mata air di lingkungan Keraton Surakarta.

Prosesi pengambilannya menggunakan tradisi adat sebagai bentuk penghormatan terhadap kearifan lokal yang berlaku. Untuk proses pengambilan air suci dilakukan personel Sat Brimob Polda Jateng dipimpin Dansat Brimob Kombes Pol Yopie Indra Prasetya.

Selanjutnya air suci dikemas dalam kendi berhias rangkaian bunga dan pita merah putih untuk dibawa ke Mapolda Jateng. Dalam acara tersebut secara simbolis Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memindahkan sebagian air suci ke dalam kendi dengan hiasan serupa.

Usai kegiatan, Dansat Brimob Polda Jateng Kombes Pol Yopie Indra Prasetya mengungkapkan, air suci yang diambil tersebut akan digunakan untuk pensucian Pataka Polda Jateng “Maneka Tunggal Dharma”. Sebagian juga akan dikirim ke Mabes Polri untuk disatukan dengan air dari seluruh Polda di Indonesia untuk pensucian Panji-Panji Kepolisian di Mabes Polri.

“Air Suci ini akan dikumpulkan jadi satu di Pusat Sejarah Mabes Polri kemudian akan digunakan untuk pensucian Panji-Panji Kepolisian bersama air suci yang dikumpulkan dari 34 Provinsi di Indonesia,” ungkap Kombes Yopie usai tradisi penyerahan air suci di Mapolda Jateng, Rabu (14/6/2023).

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut