get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Polisi Larang Ormas Sweeping Ramadan

Kisah Sukses Rayndra, Peternak Muda Miliki 1.100 Domba

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 10:47 WIB
header img
Kisah Sukses Rayndra, Peternak Muda Miliki 1.100 Domba (Foto: Puji Hartono)

MAGELANG, iNewsJoglosemar.idKisah sukses Rayndra Syahdan Mahmudin (28) bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda. Peternak muda itu kini telah memiliki 1.100 domba yang ditempatkan di enam kandang.

Rayndra Syahdan Mahmudin (28) peternak muda asal Dusun Semen, Desa Trenen, Kecamatan Candimulyo ini sukses beternak domba. Keputusan untuk menekuni profesi sebagai petani tidak lepas dari lingkungannya.

Sejak SMK dia sudah memilih jurusan pertanian, begitu juga ketika kuliah juga melanjutkan program prodi pertanian. Sembilan tahun berkutat dalam dunia pendidikan pertanian membuat mentalnya terbentuk untuk menjadi pengusaha pertanian.  

“Pertanian ini sangat menjanjikan dan menguntungkan. Sektor pertanian khususnya pangan sangat dibutuhkan,” katanya, Jumat (4/8/2023). 

Sejak bangun tidur, Rayndra sudah berkutat dengan domba-domba peliharaannya. Dia akan memeriksa kondisi domba, memberi makan dan minum hingga membersihkan kandang dan membuat kotoran. 

Untuk beternak domba, Rayndra menggunakan sistem pertanian modern. Domba diletakkan dalam kandang panggung. Pakan yang diberikan juga hasil fermentasi yang dicampur dengan konsentrat agar domba tumbuh dengan sehat.   

Usaha ini diawali sejak tahun 2016 silam. Saat itu dirinya  menjadi salah satu peserta program penumbuhan wirausaha muda pertanian. Dari sinilah usahanya terus berkembang higga saat ini dengan koleksi 1.100 ekor domba.  

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut