get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Napak Tilas 156 Tahun Perjalanan Kereta Api Pertama di Indonesia, Lintasi 4 Stasiun Tertua

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 09:25 WIB
header img
Napak Tilas 156 Tahun Perjalanan Kereta Api Pertama di Indonesia, Lintasi 4 Stasiun Tertua (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.idNapak tilas 156 tahun perjalanan kereta api pertama kali merayapi jalur rel di Indonesia. Perjalanan napak tilas dengan melintasi 4 stasiun tertua di Indonesia, di antaranya Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Alastua, Stasiun Brumbung, dan Stasiun Tanggung.

Kegiatan napak tilas menggunakan kereta sejauh 25 km dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng menuju Stasiun Tanggung Kabupaten Grobogan, pada Kamis 10 Agustus 2023. Perjalanan makin seru karena kereta api menggunakan lokomotif livery vintage.

Sebanyak 200 peserta turut napak tilas yang terdiri komunitas pecinta kereta api, komunitas sejarah, Sesepuh Desa Tanggungharjo, serta jajaran Internal KAI dan para pensiunan pegawai KA. Para peserta mengenakan kostum adat daerah sebagai wujud kecintaan terhadap budaya Nusantara.

Setibanya di Stasiun Tanggung, para peserta menggelar Fashion Show kostum adat daerah. Mereka beraksi di catwalk melenggang bergantian layaknya model profesional dengan kostum yang dipakainya.

Kepala KAI Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo menyampaikan bahwa tema pada peringatan tahun ini adalah 156 Toward The Next Legacy yang memiliki arti 156 tahun tonggak menuju warisan masa depan.

“Kalau tidak ada perjalanan pertama pada 156 tahun silam, tidak akan ada kemajuan perkeretaapian seperti hari ini. Mengulang 156 tahun lalu, Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta api,” kata Wisnu.

“Kita sebagai generasi penerus insan kereta api, harus bersyukur transportasi kereta api di Indonesia hingga saat ini terus mengalami kemajuan. Diharapkan nantinya, angkutan kereta api dapat terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi tulang punggung transportasi nasional,” jelasnya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut