get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Napak Tilas 156 Tahun Perjalanan Kereta Api Pertama di Indonesia, Lintasi 4 Stasiun Tertua

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 09:25 WIB
header img
Napak Tilas 156 Tahun Perjalanan Kereta Api Pertama di Indonesia, Lintasi 4 Stasiun Tertua (Ist)

Hindia Belanda

Jalur napak tilas yang melintasi empat stasiun tertua di Tanah Air ini pertama kali dibuka pada 10 Agustus 1867. Jalur tersebut juga merupakan perlintasan kereta api pertama yang beroperasi di Indonesia.

Sekadar diketahui, kehadiran kereta api ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L. A. J Baron sloet Van den Belee pada tahun 1864. Pembangunan jalur kereta api dengan lebar sepur 1.435 mm ini dilaksanakan oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM), lintas Semarang sampai Tanggung berhasil dirampungkan pada 10 Agustus 1867.

Selanjutnya, NISM melanjutkan pembangunan jalur kereta api ke daerah Vorstenlanden (Yogyakarta dan Surakarta) dan selesai tahun 1872.

“Semarang dapat dikatakan sebagai kota kereta api bersejarah, sebagai kota tempat kelahiran kereta api di Indonesia. Kita patut bangga melaksanakan peringatan napak tilas ini, yang diharapkan dapat sebagai pengingat sejarah perkeretaapian serta menjadikan penyemangat untuk lebih memberikan pelayanan dan inovasi terbaik untuk para pelanggan kereta api ke depannya,” tutur Wisnu.

Peringatan 156 Tahun Perjalanan Kereta Api Pertama di Indonesia juga diramaikan dengan Seminar Sejarah Perkeretaapian Indonesia  dengan narasumber dari Sejarawan Kota Semarang Tjahjono Rahardjo. Juga terdapat tumpengan dan Pesta Kostum Adat Daerah.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) kepada warga Desa Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan berupa bantuan Air Bersih sebanyak 3 tangki atau 15.000 liter air.

“Bantuan air bersih ini diberikan sebagai wujud kepedulian KAI terhadap warga yang terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Semoga dengan bantuan air bersih ini dapat meringankan beban warga khususnya di wilayah Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan,” terang Wisnu.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut