get app
inews
Aa Read Next : Sambut Arus Mudik, Pertamina Patra Niaga Uji Tera SPBU di Jawa Tengah

Jaga Ekosistem Laut, Pertamina Lakukan Pelepasliaran Penyu Lekang di Cilacap

Rabu, 20 September 2023 | 12:40 WIB
header img
Jaga Ekosistem Laut, Pertamina Lakukan Pelepasliaran Penyu Lekang di Cilacap (Ist)

CILACAP, iNewsJoglosemar.idPertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) melalui Fuel Terminal (FT) Maos melakukan pelepasliaran penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea) di Pantai Sodong, Cilacap, untuk menjaga ekosistem laut. Penyu Lekang dilepaskan sebanyak 297 ekor ke habitat aslinya pada Selasa (19/9/2023).

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, pelepasliaran penyu ini dilakukan secara rutin dan bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut. 

“Ratusan penyu tersebut berasal dari telur penyu yang ditemukan di sekitar Pantai Sodong oleh pegiat konservasi. Kemudian telur dibawa ke area konservasi untuk ditetaskan menggunakan metode sarang semi alami,” tuturnya.

Telur penyu jenis Penyu Lekang banyak ditemukan di pesisir Pantai Selatan Jawa, biasanya ditemukan pada Bulan April hingga Agustus. Puluhan telur penyu tersebut kemudian diselamatkan oleh Balai Konservasi Penyu Nagaraja, Cilacap untuk dibiarkan menetas kemudian disiapkan selama 47 hari untuk dilepasliarkan kembali ke laut.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut