get app
inews
Aa Read Next : Jelang May Day, Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel

Mahasiswa Terjerat Pinjol? Begini Jawaban Menkeu Sri Mulyani

Senin, 23 Oktober 2023 | 14:40 WIB
header img
Mahasiswa Terjerat Pinjol? Begini Jawaban Menkeu Sri Mulyani (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Generasi Z hidup dalam kepungan teknologi informasi dan bisa mendapatkan beragam akses yang baik dan buruk. Tak jarang Gen Z yang kini telah meginjak usia mahasiswa terjebak pada pinjol karena ingin meraih sesuatu dengan cara instan.

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Bagas Priyo, melontarkan fenomena tentang Gen Z kepada Menkeu Sri Mulyani. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengisi kuliah umum di Gedung Prof Soedarto, Kampus Undip, Senin (23/10/2023).  

“Bagaimana negara menyikapi Gen Z terutama mahasiswa yang suka pakai pinjol. Apa negara memberi solusi agar tidak terjadi ketimpangan?” tanya Bagas saat sesi QnA kuliah umum bertema “Kebijakan Fiskal di Tengah Konstelasi Ketidakpastian Global”.

“Generasi Z ini kan generasi yang dikepung oleh banyak kemajuan terutama dari digital dan mereka kemudian di stimulated dengan akses informasi,” kata Sri Mulyani mengawali jawaban panjangnya.

“Zaman kita (Sri Mulyani) masih seumur kalian sebagai mahasiswa, ya jelas enggak ada handphone, sehingga kita tidak ada temptation (godaan) informasi pun terbatas. Memang kita tidak mendapatkan akses untuk hal-hal yang negatif secara eksesif,” lanjutnya.

“Kalau kalian dari mulai SD, SMP udah disughin dengan banyak sekali termasuk gaya hidup yang konsumerism. Sehingga untuk generasi kalian antara kebutuhan dan keinginan itu bahkan enggak bisa dipisahkan, rasanya semuanya ingin tapi belum tentu butuh,” katanya lagi.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut