get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Kominfo Ungkap Wajah Ganda AI, Siapkan Revisi UU ITE

Selasa, 07 November 2023 | 20:39 WIB
header img
Kominfo Ungkap Wajah Ganda AI, Siapkan Revisi UU ITE. Direktur Jenderal IKP Kemkominfo Usman Kansong. (Foto: Taufik Budi)

Di lingkup industri media, AI digunakan untuk dapat mengoptimalkan perkembangan teknologi digital masing-masing dan mendapatkan manfaatnya secara ekonomi untuk pengembangan organisasi di masa depan. AI dengan berbagai perkembangannya merupakan jawaban dari berbagai permasalahan organisasi pada umumnya dan industri media pada khususnya di era digital.

Pakar Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, Dr. Sunarto, mengungkapkan bahwa AI memiliki manfaat pada peningkatan efisiensi dan inovasi dalam proses pengumpulan berita, pengolahan berita, dan distribusi berita. Selain itu juga memiliki potensi untuk menarik generasi baru konsumen media secara ekonomi.

Di sisi lain, AI memiliki tantangan pada masalah etika terkait hak cipta dalam hal penggunaan data milik pihak lain, tuntutan terhadap jurnalis dan institusi media untuk memiliki kemampuan yang lebih dari sekadar AI, dan kompetensi manusia (empati, inovasi, kreasi, hati nurani, nilai moral) harus diwujudkan untuk mengontrol penggunaan AI.

Ketua ISKI Pusat, Dr. Dadang Rahmat Hidayat mengatakan bahwa konferensi internasional adalah wadah solusi nyata kontruksi sebagai ruang diskusi peneliti, akademisi dan praktisi tentang perkembangan ilmu komunikasi. Utamanya saat ini dengan tantangan teknologi komunikasi khususnya artificial intelligence (AI).

Ketua ISKI Jateng, Dr. Lintang Ratri Rahmiaji mengatakan bahwa sebuah kehormatan penyelenggaraan agenda tahunan ISKI kali ini di Semarang. “ISKI Jawa Tengah turut berkontribusi aktif dalam pengembangan keilmuan Ilmu Komunikasi,” ujarnya.

Communication International Conference ISKI 2023 diikuti 154 akademisi dari Indonesia, Filipina, dan Australia. Tema panel dalam konferensi internasional antara lain Communication Technology and Digital Media, Branding and Digital Media, Journalism dan Digital Media, Corporate & Digital PR, Communication & Gender, Intercultural Communication, Health Communication, Political Communication, Media and Communication Policy, Tourism Communication, dan Environment Communication.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut