get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pertamina Tambah Stok BBM ke Pulau Karimun Jawa

Jum'at, 22 Desember 2023 | 18:37 WIB
header img
Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pertamina Tambah Stok BBM ke Pulau Karimun Jawa (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah menambah stok BBM ke Pulau Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah, Jumat (22/12/2023). Langkah ini guna mengantisipasi cuaca ekstrem akibat musim angin baratan (muson barat) yang berpotensi menimbulkan gelombang tinggi dan menghambat penyaluran kapal pengangkut BBM ke Kepulauan Karimun Jawa.

Build Up Stock atau penambahan stok itu sebagai upaya pengamanan keandalan BBM di Pulau Karimun Jawa. Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah mengirim mobile storage berupa dua unit mobil tangki (MT) dengan kapasitas masing-masing 16 kiloliter (KL) Biosolar dan Pertalite dikirim melalui jalur laut.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti memaparkan bahwa Tim Satgas Nataru telah melakukan serangkaian proyeksi, kalkulasi dan prediksi untuk mengamankan distribusi BBM dan LPG di Karimun Jawa. Mulai dari kesiapan armada, persiapan muatan tonase yang handal, penyediaan build up stock dan berkoordinasi dengan Pemda dan TNI/KRI terkait antisipasi cuaca ekstrem.

Pada keadaan normal atau dalam penyaluran reguler, satu kali pengiriman kebutuhan BBM di Karimun Jawa dengan menggunakan kapal SPOB (Self Propelled Oil Barge) dari Integrated Terminal Semarang menuju SPBU Kompak 46.59.402 Karimun Jawa dapat mencukupi kebutuhan warga Karimun Jawa selama kurang lebih 15 hari kalender.

“Bulan-bulan ini kami juga siaga terhadap adanya gelombang tinggi yang dapat menganggu distribusi, sehingga kami siapakan pola Regular Alternative Emergency (RAE) atau pola suplai reguler, alternatif, dan emergensi dengan bekerja sama dengan beberapa otoritas terkait yang dapat membantu penyaluran BBM dalam keadaan emergensi,” jelas Aji Anom.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut