get app
inews
Aa Read Next : Rektor Undip Janji Tak Minggat bila Diajak Dialog Mahasiswa

Dipimpin Dua Rektor dan Ijazah Terancam Ilegal, Mahasiswa  Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Resah

Selasa, 13 Februari 2024 | 16:45 WIB
header img
Sejumlah mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor rektorat pada Selasa (13/2/2024). Foto: Erfan Erlin

YOGYAKARTA, iNewsJoglosemar.id -  Sejumlah mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor rektorat pada Selasa (13/2/2024). Mereka menuntut kejelasan terkait dualisme kepemimpinan di kampus tertua di DIY tersebut.

Para mahasiswa mengaku bingung dengan keberadaan dua pemimpin di UCY, yaitu rektor dan Plt rektor. Mereka khawatir situasi ini akan berdampak pada legalitas ijazah mereka, di mana ijazah mereka bisa menjadi ilegal hingga 5 tahun ke depan.

Dalam aksinya, mahasiswa membawa spanduk berisi kritik terhadap yayasan yang melantik rektor tanpa dasar hukum yang jelas. Mereka juga mempertanyakan keberadaan Plt rektor.

Mahasiswa menilai rektor baru tidak memiliki legalitas karena polemik suksesi kepemimpinan rektorat yang terjadi selama setahun terakhir. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang legalitas ijazah mereka.

Mahasiswa juga mengungkapkan adanya intimidasi dari dosen yang melarang mereka untuk bereaksi terhadap polemik kampus. Para dosen mengancam akan menghentikan layanan terhadap mahasiswa yang berani bersuara.

Mahasiswa melakukan aksi orasi dan bakar ban di halaman rektorat. Namun, hingga aksi berlangsung lama, tidak ada satupun perwakilan rektorat yang menemui mereka. Petugas keamanan hanya terlihat berjaga di sekitar lokasi aksi.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut