Pertama di Indonesia! Bandara Ahmad Yani Terapkan AI Pantau Penumpang

Teknologi ini mampu memantau kegiatan operasional dengan melakukan pemantauan trafik pergerakan, baik pesawat, penumpang maupun kendaraan di area landside. Pengembangan program teknologi Artificial Intelligence (AI) juga dapat meningkatkan pelayanan bagi penumpang pesawat. Yakni, mampu mengetahui secara akurat layanan dan fasilitas yang dibutuhkan penumpang pesawat selama berada di bandara.
Di antaranya ketersediaan trolley, kelancaran pelayanan proses check in bagi penumpang, kenyamanan ruang tunggu, fasilitas toilet di bandara, fasilitas gedung parkir. Termasuk petugas on duty yang bertugas melayani para pengguna jasa, sehingga dapat semakin dioptimalkan dan disesuaikan dengan kebutuhan, serta menjamin pengawasan security dan safety operasional di bandara.
“Teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai tugas di bandara, yakni people tracking & counting, waiting time process monitoring, vehicle tracking, aircraft tracking, serta wildlife animal tracking. Upaya ini kami lakukan sebagai bentuk pelayananan optimal dari kami kepada seluruh pengguna jasa Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang,” imbuhnya.
Penerapan teknologi AI computer vision di Bandara Internasional Ahmad Yani ini merupakan salah satu contoh penerapan AI di sektor transportasi udara. AI memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan keamanan di berbagai sektor, termasuk sektor transportasi.
Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto