get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Tas Rajut Indah Prihatin Tembus Pasar Prancis dan Amerika

Sabtu, 23 Maret 2024 | 15:25 WIB
header img
Tas Rajut Indah Prihatin Tembus Pasar Prancis dan Amerika (Foto: Taufik Budi)

Buka Peluang

Indah mengaku awal bergabung dengan Rumah BUMN Semarang setelah mendapatkan informasi dari anaknya. Semula, dia hanya menyalurkan hobi untuk membuat tas rajut. Kemudian, produk-produk buatannya itu diberikan kepada saudara atau teman.

“Saya dulunya hanya hobi, tidak berpikir untuk dijual. Jadi saya disarankan untuk untuk masuk ke Rumah BUMN. Jadi baru sekira 4-5 tahun lalu bergabung di sini,” lanjutnya.

Keuntungan bagi pelaku UMKM yang bergabung dengan Rumah BUMN adalah akses ke berbagai even dan pameran. Padahal, tidak semua pameran bisa diakses oleh individu dan mesti mengeluarkan biaya besar.

"Ada even-even yang kadang-kadang kita tidak dapatkan kesempatan di luar.Sebagai contoh, saya biasanya mengikuti Inacraft secara mandiri, tapi jika ada kesempatan gratis, saya pasti akan lebih bersemangat," tuturnya.

Dia juga menyoroti kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara-acara prestisius, seperti Brilianpreneur di JCC pada Desember 2023. "Ini membuktikan bahwa Rumah BUMN buka peluang akses yang luar biasa bagi pengusaha untuk terhubung dengan pelanggan dan kesempatan bisnis yang terbuka," jelasnya.

Koordinator Rumah BUMN Semarang, Endang Sulistiawati, menyampaikan, Brilianpreneur merupakan program dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memacu perkembangan UMKM agar lebih dikenal secara global. Melalui program ini, pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk bertemu dengan calon pembeli dari pasar internasional.

“Brilianpreneur itu setiap akhir tahun diselenggarakan oleh BRI. Itu ada kurasinya juga bagi UMKM yang mau ikut. Seperti bazar nasional, ada showcase, bisa transaksi pembelian produk. Yang kemarin di JCC itu diresmikan oleh Pak Jokowi,” lugasnya.

“BRI selalu support UMKM naik kelas, dengan program di antaranya Brilianpreneur ada salah satunya adalah business matching, yang memfasilitasi dengan buyer-buyer (pembeli),” pungkas dia.

 

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut