get app
inews
Aa Read Next : Darurat KDRT! Kurang 4 Bulan Terjadi 81 Kasus di Kota Semarang

Cerita Sumiati, Sederhana Jualan Jamur Krispi Kini Moncer Bernama Yuneni

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:07 WIB
header img
Cerita Sumiati, Sederhana Jualan Jamur Krispi Kini Moncer Bernama Yuneni (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Sumiati, perempuan sederhana asal Kota Semarang. Kini namanya tak begitu dikenal di kalangan pelaku UMKM, karena lebih akrab disapa Yuneni, merek jamur krispi yang dilakoninya sejak 2006.

“Saya Sumiati, tapi temen-temen banyak panggil saya Yuneni. Kenapa? Karena itu merek produk saya,” ujar Sumiati dengan polosnya kepada iNewsJoglosemar.id di Rumah BUMN Semarang, Jumat (22/3/2024)

“Anak tiga, sudah nikah semua, kalau cucu tiga cewek semua. Untuk usia saya 60 tahun. Masih imut kok,” lanjutnya seraya tertawa renyah.

Perjalanan kesuksesan Ibu Sumiati dimulai pada tahun 2006. Saat itu, dia hanya menjalankan usaha jamur krispi secara sederhana. Setelah menggoreng jamur krispi, dia berjualan dari rumah hingga ke sebuah minimarket di daerah Tlogosari. Tiap hari jalan kaki menjajakan dagangannya.

“Sampai tahun 2008, saya berpikir usaha ini harus maju tidak boleh seperti ini terus. Lalu saya memberanikan diri untuk ikut even-even, ketemu teman-teman dan akhirnya di tahun 2012 saya mendapatkan izin seperti PIRT (sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga) dan Halal (dari MUI),” jelasnya.

Setelah jejaringnya makin luas, dia sering mengikuti berbagai pelatihan pengembangan produk UMKM. Hal pertama yang dilakukan adalah mengubah kemasan, yang semula terkesan jadul kini tampak unyu dan menyenangkan.

“Dulu kemasan hanya kemasan plastik biasa. Tapi setelah dapat PIRT dan Halal dapat pelatihan-pelatihan bisa naik kelas sampai packaging seperti ini,” katanya memamerkan kemasan jamur krispi berbentuk pouch dengan gambar kartun menarik.

“Dulu produknya hanya jamur krispi di outlet Alfamart Tlogosari, kemudian bertambah lagi ada kentang krispi, bombay krispi. Lalu banyak variannya, ada bakso jamur goreng, tahu bakso jamur, dan tahu bakso ikan. Ada sambal ikan juga,” ujarnya merinci.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut