get app
inews
Aa Read Next : Baliho Dico Ganinduto Banjiri Jateng, Pakar Politik: Kandidat Kuat!

Pengamat Beber Keberhasilan Dico Ganinduto Pimpin Kendal

Senin, 08 April 2024 | 10:41 WIB
header img
Pengamat Beber Keberhasilan Dico Ganinduto Pimpin Kendal (Ist)

KENDAL, iNewsJoglosemar.id - Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah meningkat 0,69 persen pada 2022 selama masa kepemimpinan Bupati Dico Ganinduto. Kenaikan tersebut seiring pertumbuhan ekonomi Kendal yang lebih tinggi dibandingkan Jawa Tengah yaitu sebesar 5,69 persen. 

Selain itu, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2023 naik 103% yaitu sebesar Rp554 Mlmiliar dari tahun 2022 yaitu sebesar Rp438 miliar. Nilai tersebut telah melampaui target yang ditentukan dan disertai dengan kenaikan nilai investasi di Kabupaten Kendal.

Rrealisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kabupaten Kendal juga mengalami peningkatan sebesar 23 persen. Pada tahun 2023 yaitu sebesar Rp6.398 triliun, jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp5.195 triliun.

Dengan total proyek sebanyak 1.291 yang dikerjakan oleh 6.038 tenaga kerja Indonesia (TKI) serta 70 orang tenaga kerja asing (TKA).

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai bahwa dengan adanya data tersebut, Bupati Dico Ganinduto telah berhasil dalam memimpin daerahnya. 

"Tentu kalau datanya valid dan objektif artinya bagus kepemimpinan itu. Bupati Dico Ganinduto tersebut dianggap sukses, berhasil dalam memimpin daerahnya itu," kata Ujang kepada wartawan, Senin (8/4/2024).

Meskipun demikian, Ujang mengingatkan bahwa ada indikator-indikator lain yang harus juga diperhatikan seperti pendidikan, agama, sosial, kesehatan, termasuk ekonomi.

"Dalam konteks percepatan pembangunan bagus, PBD-nya naik, pertumbuhan ekonominya dan pembangunan manusianya meningkat, itu artinya bahwa seorang Bupati tersebut dianggap sukses, dianggap bagus, dianggap mampu menjadi Bupati," kata dia. 
 

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut