get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Ika Yuanita, Ibu Muda Pelaku UMKM Sukses Ekspor Teh Rempah ke Eropa

Sabtu, 27 April 2024 | 10:25 WIB
header img
Ika Yuanita, Ibu Muda Pelaku UMKM Sukses Ekspor Teh Rempah ke Eropa (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Ika Yuanita, seorang ibu muda dan pelaku UMKM asal Semarang, telah berhasil mengekspor teh rempah ke pasar Jerman. Teh rempah dengan merek Kingkaf buatannya telah berhasil diekspor ke Eropa, dengan 80% dari penjualannya terjadi di benua biru tersebut.

Perempuan berusia 40 tahun itu meracik teh dengan rempah khas Nusantara. Saat ini terdapat 5 varian unggulannya yakni Masuk Angin Tea, Angkrah Tea, Pegal Linu Tea, Uwuh Tea, dan Rosela Tea. Harga setiap boks teh rempah yang berisi 6 sachet sebesar Rp30 ribu, menarik minat konsumen di Eropa.

Dengan fokus pada kualitas dan inovasi, Ika juga memanfaatkan teknologi modern untuk memperpanjang masa simpan produk tanpa pengawet. Selain itu, tampilan kemasan juga menjadi prioritasnya agar meraih pangsa pasar yang luas.

Selain teh rempah, Ika juga memproduksi tahu bakso dengan merek Kingkaf yang juga menembus pasar ekspor ke Eropa, Jerman, Jepang, Amerika, dan Australia. Keberhasilannya ini tak lepas dari fokusnya pada kualitas ekspor dan inovasi produk.

“Kemudian juga memproduksi pisang sale. Kalau pisang sale itu ke Jepang, Amerika, dan Australia,” kata Ika Yuanita usai mengikuti Talkshow Produk Indonesia Melesat Ekonomi Bangsa Semakin Hebat di Kantor Bupati Semarang, Jalan Diponegoro, Ungaran, Jumat (26/4/2024). 

“Kita memang main di ekspor, dengan fokus memproduksi produk makanan dan minuman yang otentik Indonesia. Dan makanan maupun minuman itu khas Indonesia, yang enggak ada di negara lain,” lanjutnya.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut