get app
inews
Aa Read Next : Dinas Perdagangan Kota Semarang: Sidak Pangkalan LPG Minimal Sebulan Sekali

Menteri AHY: 87 Kasus Mafia Tanah jadi Target Operasi Tahun Ini

Selasa, 16 Juli 2024 | 10:37 WIB
header img
Menteri AHY: 87 Kasus Mafia Tanah jadi Target Operasi Tahun Ini (Ist)

SEMARANG, iNewsdJoglosemar.id - Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengungkapkan bahwa tahun 2024 pemerintah menargetkan untuk menggarap 87 kasus mafia tanah di seluruh Indonesia. AHY menjelaskan bahwa penanganan kasus mafia tanah sangat penting untuk menghadirkan keadilan dan kepastian hukum dalam urusan tanah dan tata ruang.

AHY menyatakan bahwa dalam lima bulan terakhir, beberapa kasus telah berhasil diungkap, termasuk di Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Jambi, dan Jawa Tengah. "Total potensi kerugian negara dan masyarakat yang berhasil diselamatkan mencapai Rp5,16 triliun," ujarnya.

Penanganan kasus mafia tanah menjadi prioritas pemerintah karena dampaknya besar terhadap ekonomi dan investasi. AHY menekankan bahwa dengan mengungkap dan menangani kasus-kasus ini, pemerintah berupaya menciptakan iklim investasi yang kompetitif dan menjanjikan bagi para investor.

Salah satu kasus terbesar yang berhasil diungkap adalah di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dengan kerugian mencapai Rp3,4 triliun. Kasus ini melibatkan pemalsuan akta otentik dan merugikan PT Azam Laksana Intan Buana (ALIB). Tersangka dalam kasus ini adalah DB (66), direktur PT Azam Anugerah Abadi (AAA).

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut