get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Tragis! Mahasiswi Meninggal Kecelakaan Jelang Wisuda, Instruktur Keselamatan Berkendara Beri Analisa

Kamis, 25 Juli 2024 | 10:36 WIB
header img
Tragis! Mahasiswi Meninggal Kecelakaan Jelang Wisuda, Instruktur Keselamatan Berkendara Beri Analisa (Dok Unnes)

Analisa Keselamatan Berkendara

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto, menyampaikan duka cita dengan doa semoga amal ibadah almarhumah diterima Tuhan YME. Dia juga memberikan analisa mendalam mengenai faktor-faktor penyebab kecelakaan seperti ini dan cara pencegahannya.

Menurutnya, salah satu faktor utama adalah kondisi jalan yang menurun panjang, menikung, dan dikelilingi pepohonan, seperti yang dialami korban. Jalan menurun dapat menyebabkan kendaraan melaju dengan kecepatan lebih tinggi dari yang disadari pengendara.

“Kombinasi jalan menurun dengan blindspot adalah sangat berbahaya. Kecepatan kendaraan yang tinggi ditambah dengan situasi jalan yang tertutup pepohonan mengurangi jarak pandang, membuat pengendara sulit bereaksi terhadap halangan mendadak,” jelas Oke.

Oke menjelaskan bahwa saat pengendara berusaha menyalip, ia harus mempertimbangkan jarak aman untuk bereaksi dan mengerem. Dalam kasus ini, Wildan mungkin menghadapi kesulitan dalam menghitung jarak yang dibutuhkan untuk berhenti dengan aman.

“Pengendara harus memperhitungkan waktu reaksi dan waktu manuver. Waktu reaksi bervariasi tergantung pada kompleksitas kejadian dan kondisi mental serta fisik pengendara,” tambah Oke.

Sebagai pedoman, Oke menyarankan penggunaan rumus 3-4 detik untuk menentukan jarak aman berkendara. Misalnya, dengan kecepatan 30 km/jam, jarak aman pada 3 detik adalah 25 meter, dan pada 4 detik adalah 33,33 meter.

"Pada kecepatan 40 km/jam, jarak aman 3 detik adalah 33,33 meter dan 4 detik adalah 44,44 meter. Rumus ini membantu memastikan jarak yang cukup untuk bereaksi dan menghindari kecelakaan," katanya.

Oke Desiyanto juga mengingatkan bahwa penting untuk memantau kecepatan di speedometer dan mengontrol kecepatan sesuai dengan kondisi jalan. “Memahami dan mempraktikkan rumus 3-4 detik sangat penting untuk keselamatan berkendara, terutama di jalan dengan kondisi menurun dan tikungan,” ujar Oke.

Kecelakaan ini adalah pengingat penting tentang pentingnya kewaspadaan dan kontrol kecepatan saat berkendara, terutama di jalan yang memiliki potensi bahaya. Selalu berhati-hati dan perhatikan lingkungan sekitar untuk menghindari kejadian tragis serupa.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut