get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Gunung Merapi Siaga Level III, Guguran Lava Mencapai 1.700 Meter

Selasa, 27 Agustus 2024 | 06:17 WIB
header img
Gunung Merapi Siaga Level III, Guguran Lava Mencapai 1.700 Meter (Pos Babadan)

MAGELANG, iNewsJoglosemar.id - Gunung Merapi, yang terletak di Kabupaten/Kota Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah, kembali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik. Berdasarkan laporan dari Yulianto, pengamat gunung api, yang dilansir dari magma.esdm.go.id, status Merapi kini berada pada Level III atau Siaga.

Pada periode pengamatan Selasa (27/8/2024) pukul 00:00 hingga 06:00 WIB, terpantau visual gunung api terlihat jelas meskipun sempat tertutup kabut. Asap kawah utama teramati berwarna putih dengan intensitas tebal, menjulang hingga 20 meter di atas puncak gunung.

Cuaca cerah hingga mendung di sekitar Merapi, dengan angin tenang yang berhembus ke arah barat, turut mendukung pemantauan aktivitas vulkanik. Selain itu, 14 kali guguran lava tercatat mengarah ke Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum mencapai 1.700 meter.

Berdasarkan pengamatan kegempaan, terjadi 17 kali gempa guguran dengan amplitudo 2 hingga 11 mm dan durasi gempa hingga 143,2 detik. Data tersebut menunjukkan bahwa suplai magma di dalam gunung masih berlangsung, berpotensi memicu awan panas guguran di sektor-sektor rawan.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut