get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Guguran Lava Gunung Merapi Mencapai 2.000 Meter, Warga Diminta Waspada

Rabu, 28 Agustus 2024 | 06:35 WIB
header img
Guguran Lava Gunung Merapi Mencapai 2.000 Meter, Warga Diminta Waspada (Pos Kaliurang)

Dengan adanya peningkatan aktivitas ini, warga di sekitar Gunung Merapi diimbau untuk tetap waspada. Terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan selatan-barat daya hingga tenggara, yang meliputi aliran sungai-sungai seperti Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Woro, dan Gendol, diharapkan untuk menghindari daerah-daerah tersebut karena berpotensi menjadi jalur luncuran lava dan awan panas.

Rekomendasi dari pihak berwenang menyatakan bahwa masyarakat tidak boleh melakukan kegiatan apapun di daerah yang telah ditetapkan sebagai zona bahaya. Mereka juga diminta untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lahar saat hujan turun di sekitar Gunung Merapi, yang dapat memperburuk situasi dan menambah risiko bagi penduduk sekitar.

Pihak terkait juga menegaskan bahwa jika terjadi perubahan signifikan dalam aktivitas Gunung Merapi, maka status aktivitas gunung akan segera ditinjau kembali dan masyarakat akan diberi informasi terkini mengenai tindakan yang harus diambil untuk menghindari dampak lebih lanjut.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut