get app
inews
Aa Read Next : Jenazah Eril Utuh usai 14 Hari Tenggelam, Ridwan Kamil Beri Penjelasan Ilmiah

Masa Kecil Kang Emil, Temani Ayah Beli Semen Membangun Masjid

Kamis, 07 April 2022 | 10:05 WIB
header img
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengisi kuliah subuh di Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Rabu (6/4/2022).

YOGYAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, masih mengenang pesan dari orangtuanya untuk selalu dekat dengan masjid. Ketika masih kecil, pria yang akrab disapa Kang Emil itu sering diajak untuk membantu mengurus masjid.

Kang Emil itu memiliki seorang ayah yang sempat menjadi pengurus masjid. Sehingga, ketika masjid itu dalam proses pembangunan atau renovasi dia diminta menemani sang ayah untuk membeli kayu atau semen yang kemudian dibawa menuju masjid.

BACA JUGA:

Ridwan Kamil Kepincut Masjid Jogokariyan, Ternyata Bukan karena Arsitekturnya!

Dalam kesempatan itu, sang ayah memberikan pesan kepada Ridwan Kamil. Yakni untuk tidak pernah berhenti untuk membangun masjid.

"Almarhum ayah saya itu pengurus masjid jadi saya sering dibawa ke masjid beli semen, beli kayu. Beliau lalu berpesan jangan pernah berhenti membangun masjid," kata Ridwan Kamil saat mengisi kuliah subuh di Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Rabu (6/4/2022).

BACA JUGA:

Tagihan Listrik Pemkot Semarang Rp6 Miliar/Bulan

 

Ridwan Kamil menyebut saat ini sudah ada puluhan masjid yang didesainnya. Tak hanya itu, puluhan masjid itu juga sudah selesai dibangun. Ada beberapa masjid hasil desain Ridwan Kamil yang berkesan. Misalnya Masjid 99 kubah yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada puluhan masjid yang saya desain dan dibangun. Kalau yang paling besar itu ada di Makassar. Masjid pinggir laut namanya Masjid 99 kubah, itu hasil imajinasi saya," ungkap Emil.

BACA JUGA:

Catat! Ini Tanggal Favorit Pemudik Kereta Api, Lebih Baik Cari Alternatif

Lebih lanjut pria berusia 50 tahun itu juga menyebut di Jawa Barat sedang ada pembangunan masjid besar yang ia desain. Masjid itu dinamakan Masjid Al Jabbar.

"Sedang dibangun masjid di Jawa Barat yang inspirasinya dari rumus matematika, makanya namanya Masjid Al Jabbar, itu juga bisa jadi singkatan Jawa Barat karena tidak mungkin masjid Al Jatim," kata Emil sembari tertawa dan diikuti jemaah yang hadir.

BACA JUGA:

Dua Bocah Cantik Tewas Terseret Arus Sungai Irigasi di Demak

 

Ridwan Kamil juga menyebut desain masjid hasil karyanya tidak hanya tersebar di Tanah Air. Tapi juga banyak yang ada di luar negeri. Salah satunya yang ada di Palestina.

BACA JUGA:

Dua Hari Diintai, Pengedar Sabu di Randublatung Ditangkap Polisi

"Di Gaza, Palestina. Masjid ini penghasil tahfiz, dibom Israel hancur. Mereka salat harus pakai tenda bertahun-tahun. Maka bersyukurlah masjid di Indonesia ada di mana-mana tinggal dimakmurkan. Masjid itu tinggal 15 persen lagi," ungkap Emil, seraya juga mengajak jemaah ikut berdonasi di masjid Palestina tersebut.

Selain itu, Ridwan Kamil juga sudah mendesain bangunan masjid di belahan dunia yang lain. Termasuk di Spanyol dan Amerika Serikat.

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut