get app
inews
Aa Read Next : BIADAB! Israel Kerahkan Drone Gas Air Mata Serang Jemaah Masjid Al Aqsa

Bentrok Pecah Lagi di Majid Al Aqsa, Puluhan Warga Palestina Terluka

Jum'at, 22 April 2022 | 16:52 WIB
header img
Masjid al-Aqsa di Yerusalem, Palestina (ilustrasi). (Foto: Pixabay)

YERUSALEM – Bentrokan kembali terjadi antara aparat Israel dan warga Palestina di kompleks Masjid al-Aqsa, Yerusalem. Akibatnya, 31 warga Palestina terluka dalam insiden itu.

Menurut layanan ambulans Bulan Sabit Merah Palestina, ada 14 warga Palestina yang dilarikan ke rumah sakit. Dua di antaranya menderita luka serius.

BACA JUGA:

Kakak Beradik Gugat Ibu Kandung: Ditolak Pengadilan Tinggi, Mereka Pilih Pengadilan Agama Boyolali

Polisi Israel mengatakan, pasukannya turun tangan ketika ratusan orang mulai melemparkan batu dan kembang api dan mendekati Tembok Barat, tempat ibadah kaum Yahudi sedang berlangsung. Saksi mata Reuters mengatakan, polisi memasuki kompleks itu setelah Salat Subuh dan menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah kerumunan sekitar 200 warga Palestina. Sebagai balasan, beberapa di antara warga itu melempari batu. 

Polisi juga menembakkan peluru karet dari jarak dekat kepada sekelompok wartawan yang mendokumentasikan bentrokan tersebut, kata para saksi mata. Kekerasan di kompleks al-Aqsa telah meningkat selama seminggu terakhir.

BACA JUGA:

Ghibah Online di Medsos Haram, Bisa Batalkan Pahala Puasa

 

 

 

Situasi itu meningkatkan kekhawatiran akan berkembangnya konflik Israel-Palestina ke skala yang lebih luas.

Sejak Maret lalu, aparat Israel telah menewaskan sedikitnya 29 warga Palestina dalam serangan di Tepi Barat, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. Sementara pihak zionis mengklaim ada serangkaian serangan jalanan yang dilakukan penduduk Arab yang menewaskan 14 orang di Israel.

BACA JUGA:

Pekerja Salon Sediakan Wanita Penghibur Tarif Rp2 Juta Sekali Kencan di Garut

 

 

 

Ketegangan tahun ini meningkat sebagian karena jatuhnya Bulan Suci Ramadan bertepatan dengan perayaan Paskah Yahudi. Momen tersebut mendorong lebih banyak pengunjung Muslim dan Yahudi mendatangi kompleks tersebut. Oleh umat Islam, Masjid al-Aqsa adalah tanah suci ketiga setelah Makkah dan Madinah. Sementara, bagi Yahudi, masjid itu diklaim sebagai Bukit Kuil.

BACA JUGA:

Pengakuan Bocil SMP Jadi PSK Online Tarif Rp2 Juta: Untuk Beli Handphone dan Kosmetik

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Israel menghentikan kunjungan Yahudi selama hari-hari terakhir Ramadhan, mulai Jumat, kata seorang pejabat Israel. Secara tradisional, kehadiran umat Islam di kompleks itu meningkat selama hari-hari terakhir bulan puasa.

Kompleks al-Aqsa berada di atas dataran tinggi Kota Tua Yerusalem Timur, yang direbut Israel dalam perang 1967. Pencaplokan oleh zionis itu belum mendapat pengakuan internasional. Palestina ingin Yerusalem Timur menjadi ibu kota negara yang mereka di masa depan.

BACA JUGA:

Prostitusi Bocil, Kencani Anak SMP Short Time Rp2 Juta

 

 

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut