Kisah Inspiratif: Gadis Kembar Sherlina dan Sherlita Lulus Cum Laude di Wisuda UGM

Enih Nurhaeni
Kisah Inspiratif: Gadis Kembar Sherlina dan Sherlita Lulus Cum Laude di Wisuda UGM (Ist)

Di Fakultas Biologi UGM, mereka memilih tinggal di tempat kos yang sama, memungkinkan mereka untuk saling menjaga dan memotivasi. Mereka juga berbagi informasi tentang materi kuliah. "Kami tinggal satu kos, dan biasanya saling berbagi informasi terkait mata kuliah karena ada beberapa mata kuliah yang kami beda kelas," kata Sherlina.

Meski perjalanan akademis mereka relatif mulus, ujian skripsi mereka hampir tak berbarengan karena hasil penelitian laboratorium yang harus menunggu. "Menunggu hasil lab cukup lama, sekitar 40 hari. Ujian skripsi kami hanya beda satu bulan," terangnya.

Penelitian mereka pun sejalan dalam topik keilmuan. Sherlina meneliti "Pemanfaatan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.) sebagai Agen Fitoremediasi Logam Berat Kromium (Cr) pada Air Limbah IPAL Sewon, Bantul" di bawah bimbingan Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto, S.U. Sementara itu, Sherlita menggali ilmu lewat penelitian "Pemanfaatan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms) Sebagai Agen Fitoremediasi Timbal (Pb) pada Air Limbah IPAL Sewon, Bantul, Yogyakarta" di bawah bimbingan Dr.rer.nat. Andhika Puspito Nugroho, M.Si.

Sherlita menuturkan bahwa dosen di Fakultas Biologi UGM selalu mendukung mereka. "Dosen mengajak kami berpikir kritis, mengembangkan pengetahuan, dan mempraktikkan ilmu secara langsung kepada masyarakat. Kami diajak mengikuti program MBKM membangun desa dan kerja praktik sebelum seminar proposal," jelasnya.

Fasilitas di Fakultas Biologi juga mendukung aktivitas kuliah dan praktikum. Staf akademik dan laboran selalu siap membantu mahasiswa yang kebingungan. "Kami sangat bahagia bisa menamatkan pendidikan S1 di salah satu universitas terbaik di Indonesia. Pendidikan S1 Biologi membuka peluang besar bagi karier kami ke depan," ujar Sherlita.

Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., menyampaikan ucapan selamat kepada Sherlina dan Sherlita atas kelulusan mereka. Ia berharap mereka bisa meniti karier profesional, sebab prospek kerja lulusan Biologi sangat terbuka lebar. "Pencapaian mereka tidak hanya membanggakan keluarga dan teman-teman, tetapi juga memberikan kontribusi pada Pendidikan Berkualitas dan Kesetaraan Gender di Indonesia," ujarnya.

 

Editor : Enih Nurhaeni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network