SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mengerahkan 2.768 personel untuk memastikan pelayanan terbaik selama periode Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Seluruh petugas, mulai dari masinis hingga customer service, telah dipersiapkan untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati.
"Kami memastikan semua personel mengikuti standar operasional prosedur yang ketat, terutama untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan," ujar Kepala Daop 4 Semarang, Daniel Johannes Hutabarat, usai Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di Halaman Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Senin (23/12/2024).
Selain itu, untuk memberikan pelayanan ekstra, KAI menyiagakan petugas frontliner tambahan seperti Customer Service Mobile (CSM) dan anggota Komunitas Pecinta Kereta Api (Railfans). Kehadiran mereka di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang diharapkan dapat membantu pelanggan selama perjalanan.
KAI juga memperkenalkan program Management Safety Walkthrough (MSWT) guna meningkatkan keselamatan. Program ini melibatkan manajemen KAI, termasuk direksi, untuk memeriksa langsung tempat kerja dan lintas operasional kereta api.
"MSWT bertujuan mengidentifikasi potensi bahaya dan memastikan protokol keselamatan diterapkan dengan baik," jelas Daniel.
Dalam upaya ini, manajemen KAI berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Pemeriksaan telah dilakukan di delapan stasiun dan 12 kereta penumpang untuk memastikan Standar Pelayanan Minimum (SPM) terpenuhi.
Dengan perhatian khusus pada detail operasional, KAI berharap masyarakat merasa aman dan nyaman menggunakan kereta api sebagai moda transportasi utama saat libur Natal dan Tahun Baru. "Kami siap melayani dengan optimal dan memastikan liburan masyarakat berjalan lancar," tambahnya.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait