Menjaga Warisan Rasa Semarang, Lunpia Cenol Tak Sekadar Camilan

Taufik Budi
Menjaga Warisan Rasa Semarang, Lunpia Cenol Tak Sekadar Camilan (Taufik Budi)

Banyak Bintang

Pemasaran Lunpia Cenol diawali melalui ojek online di Semarang, kemudian merambah media sosial seperti Instagram dan TikTok. Berkat kekuatan media sosial, banyak wisatawan yang mencari Lunpia Cenol setelah melihat review positif di TikTok dan Google.

“Sepeti barusan itu ada orang dari Salatiga yang datang kemari. Dia melihat review di Google, mungkin karena melihat bintangnya ada banyak atau bagus, makanya langsung ke sini mengikuti Google Map. Dan biasanya orang yang sudah ke sini akan balik lagi,” terangnya bangga.

Ivan juga tergabung dalam Rumah BUMN BRI, yang menjadi pintu pembuka berbagai kesempatan pelatihan dan pemasaran. Awalnya, Ivan mengikuti pelatihan bisnis dan digital marketing di Rumah BUMN Semarang, sebelum akhirnya aktif mengikuti bazar-bazar yang diadakan BRI.

Salah satu momen berkesan adalah saat mengikuti bazar di Taman Gajah Mungkur, Semarang, di mana Lunpia Cenol ludes hanya dalam waktu dua jam. Kemudian pada 2022, Ivan membawa Lunpia Cenol ke ajang Brilianpreneur di Jakarta, mewakili UMKM Rumah BUMN BRI. Produk vakum mereka habis terjual hanya dalam dua hari.

“Dari ribuan UMKM yang daftar, hanya 250 yang lolos, termasuk Lunpia Cenol. Di sana, dua hari stok kami langsung habis," ujaranya.

“Saat itu saya sudah minta dikirim lagi semua hasil produksi dari rumah, dan saat dipamerkan juga langsung ludes dibeli. Puji Tuhan bisa laris manis, jadi selama pameran itu kita hanya dua hari bisa menjual lunpia, karena setelah itu sudah habis semua,” ungkap dia.

Dalam transaksi, Ivan mengandalkan QRIS BRI untuk pembayaran, yang memudahkan proses dan menciptakan sistem keuangan yang transparan. QRIS, kata Ivan, sangat membantu usahanya. Transaksi jadi lebih mudah dan cepat tanpa ribet urusan uang kembalian.

“Kita diajarkan QRIS dan Brimo, dan sangat membantu transaksi menjadi transparan," katanya.

Koordinator Rumah BUMN Semarang, Endang Sulistiawati, menjelaskan bahwa Brilianpreneur merupakan program rutin dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk mendukung UMKM agar lebih dikenal di tingkat global.

“Brilianpreneur itu setiap akhir tahun diselenggarakan oleh BRI. Itu ada kurasinya juga bagi UMKM yang mau ikut. Seperti bazar nasional, ada showcase, bisa transaksi pembelian produk,” kata Tia, sapaan akrabnya.

Tia menambahkan, selain memamerkan produk, pelaku UMKM juga difasilitasi melalui program business matching yang mempertemukan mereka dengan calon buyer dari berbagai negara.

“BRI selalu support UMKM naik kelas, dengan program di antaranya Brilianpreneur, salah satunya adalah business matching, yang memfasilitasi dengan buyer-buyer,” pungkasnya.

 

 

 

Editor : Enih Nurhaeni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network