Logo Network
Network

100 Pelaku UMKM Nasabah Mekaar Ikuti Pelatihan Mengolah Mocaf

Elis Novit
.
Rabu, 20 Juli 2022 | 21:15 WIB
100 Pelaku UMKM Nasabah Mekaar Ikuti Pelatihan Mengolah Mocaf
100 Pelaku UMKM Nasabah Mekaar Ikuti Pelatihan Mengolah Mocaf (Foto: iNewsTV/Elis Novit)

BANJARNEGARA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menggelar pelatihan klasterisasi sektoral yaitu pengolahan bahan baku makanan dari mocaf. Pelatihan diikuti oleh 100 nasabah PNM Mekaar Bawang di Lapangan Dusun Majalangu, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

Selain itu, PNM melalui Program Tanggung Jawab Sosial – Bina Lingkungan (JMK) juga menyerahkan bantuan 5.000 bibit pohon kepada masyarakat di sekitar lokasi.

Pimpinan Cabang PNM Banjarnegara, Yosua Mawantyo Nugroho, mengatakan, selain pelatihan pengolahan bahan baku makanan dari mocaf, PNM juga menggelar sosialisasi Manfaat Memiliki NIB yang diikuti  oleh 350 nasabah Mekaar di Central Convention Hall, Banjarnegara. 

BACA JUGA:

30 Usaha Franchise Hadir di Semarang, Calon Pengusaha Merapat

“Pelatihan dan sosialisasi yang dikenal dengan istilah Temu Usaha Nasabah Mekaar melibatkan nasabah Mekaar dan didampingi oleh PNM PKU,” katanya.

Menurutnya, pelatihan pada nasabah Mekaar tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha, kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah, sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar.

BACA JUGA:

Hoaks Konten Sandal Rhoma Irama Hilang saat Sholat Jumat, Pengurus Masjid Lapor Polisi

“Pelatihan ini bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan pentingnya memiliki perijinan usaha (NIB) sehingga legalitas usahanya terjamin, dan dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, dan kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah yang bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas,”jelasnya.

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini